Fachrori : Supervisi BPKP Tingkatkan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan

Fachrori : Supervisi BPKP Tingkatkan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan

Fachrori : Supervisi BPKP Tingkatkan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan
IST
Fachrori : Supervisi BPKP Tingkatkan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan 

Fachrori : Supervisi BPKP Tingkatkan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum pimpin Pengukuhan dan Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi, Rudy Mahani Harahap menggantikan Alexander Rubi Satyoardi,SE,ME, bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Rabu (15/1/2020).

Acara ini juga dihadiri para Kepala Daerah Kabupaten/Kota, jajaran Forkopimda, Kepala instansi vertikal, pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi serta pejabat struktural dan fungsional auditor dari Perwakilan BPKP Provinsi Jambi.

Hadir pula Direktur Politik dan Penegakan Hukum BPKP Arif Ardiyanto mewakili Kepala BPKP RI.

Fachrori mengemukakan bahwa supervisi yang dilakukan BPKP sangat mermanfaat meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan, terutama akuntabilitas pemerintahan.

Foto bersama usai Pengukuhan dan Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi
Foto bersama usai Pengukuhan dan Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi (IST)

Fachrori mengatakan, Pemprov Jambi bersama Kabupaten/Kota sudah mempunyai hubungan sangat baik dengan BPKP dalam penyelesaian permasalahan terkait dengan sistem keuangan, pengawasan selalu berkoordinasi dengan BPKP.

”Berbicara tentang peningkatan tata kelola pemerintahan, kita semua mengetahui bahwa hal ini merupakan hal yang ingin diwujudkan oleh Pemerintah Provinsi Jambi dan tercantum dalam misi pertama RPJMD Provinsi Jambi tahun 2016 – 2021," ujarnya.

"Kami berusaha meningkatkan kualitas aspek tata kelola tersebut mulai dari aspek transparansi, partisipasi, akuntabilitas maupun aspek koordinasi," tuturnya.

"BPKP perwakilan Provinsi Jambi yang telah memberikan bimbingan dan supervisi kepada kami, sehingga akhir tahun lalu Pemerintah Provinsi Jambi dapat meningkatkan maturitas SPIP dan kapabilitas APIP Provinsi Jambi dari kevel 2 menjadi level 3. Kami berharap maturitas SPIP dan kapabilitas APIP Provinsi Jambi dapat terus meningkat di masa-masa yang akan dating,” ujar Fachrori.

Pengukuhan dan Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi
Pengukuhan dan Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi (IST)

Fachrori mengungkapkan, permasalahan yang masih ditemukan berkaitan dengan tata kelola pemerintahan khususnya di Jambi lebih disebabkan oleh lemahnya Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang belum optimal, penyimpangan administrasi, dan ketidakefisienan.

Halaman
123
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved