Jadi Tersangka Suap Pengadaan Bupati Sidoarjo 2 Periode Pernah Divonis Kasus Korupsi Dana Kas Daerah

Usai melakukan OTT, Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) telah menetapkan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi

Jadi Tersangka Suap Pengadaan Bupati Sidoarjo 2 Periode Pernah Divonis Kasus Korupsi Dana Kas Daerah
ANTARA FOTO/RENO ESNIR
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah (kedua kanan) berjalan saat tiba di gedung KPK, Jakarta, Rabu (8/1/2020). Bupati Sidoarjo Saiful Ilah beserta beberapa orang lainnya terjaring operasi tangkap tangan KPK yang diduga terkait pengadaan barang dan jasa. 

Jadi Tersangka Suap Pengadaan, Bupati Sidoarjo 2 Periode Pernah Divonis Kasus Korupsi Dana Kas Daerah

TRIBUNJAMBI.COM – Usai melakukan OTT, Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) telah menetapkan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa pada Rabu (8/1/2020) malam.

Hampir 20 tahun Saiful memimpin Sidoarjo. Sepuluh tahun pertama, ia jalani sebagai Wakil Bupati Sidoarjo mendampingi Win Hendarso.

Belakangan, Win diganjar kurungan lima tahun penjara pada 2013, setelah dinyatakan terbukti melakukan korupsi dana kas daerah sebesar Rp 2,4 miliar.

Pada 2010, Saiful yang juga politikus PKB itu mencalonkan diri sebagai kandidat bupati bersama Hadi Sutjipto sebagai calon wakil bupati, dan menang.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat mengunjungi rumah produksi tahu di sentra industri Desa Tropodo, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (26/11/2019).
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat mengunjungi rumah produksi tahu di sentra industri Desa Tropodo, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (26/11/2019). (KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN)

Saiful Ilah pun meminpin kabupaten yang dikenal sebagai Kota Delta itu selama lima hingga 2015.

Pada 2015, ia kembali mencalonkan diri sebagai bupati. Kali ini, ia menggaet Nur Ahmad Syaifuddin sebagai kandidat wakil bupati.

Ia pun akhirnya kembali terpilih untuk masa jabatan hingga 2021.

Saiful Ilah diketahui memiliki posisi penting di struktur pimpinan PKB di daerah, yaitu sebagai Ketua DPC PKB Sidoarjo.

Pria yang akrab disapa Abah Ipul itu pun telah memiliki rencana untuk mendorong agar anaknya, Amir Aslichin, yang kini merupakan anggota DPRD Jawa Timur itu, untuk maju di Pilkada Sidoarjo.

Tak Hanya Wanita, Pria Juga Wajib Waspada! Ini Ciri-ciri Predator Seksual, Dimulai dari Perhatian

Urut-urutan Sang Istri Habisi Hakim Jamaluddin, Awalnya Bekap Bedcover setelah Itu Makin Sadis

"Tentu saya mendukung (jika Iin benar-benar maju sebagai calon bupati). Tapi kan sekarang ini kondisi politik masih dinamis," kata Saiful Ilah saat diwawancara Surya seperti dikutip dari Tribunnews.com, Rabu.

Sebelumnya, Saiful ditangkap KPK dalam sebuah operasi tangkap tangan.

Ini merupakan OTT pertama setelah pimpinan KPK berganti di bawah kepemimpinan Firli Bahursi cs.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jadi Tersangka, Ini Kiprah Bupati Saiful Ilah di Sidoarjo", https://nasional.kompas.com/read/2020/01/09/05180081/jadi-tersangka-ini-kiprah-bupati-saiful-ilah-di-sidoarjo.
Penulis : Dani Prabowo
Editor : Bayu Galih

Editor: suci
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved