Minta Prabowo Tegas Terhadap Pemerintah China, Politisi PKS : Kalau Lembek Semakin Direndahkan

Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) menyayangkan sikap Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang dinilai tidak tegas terkait klaim China atas per

Minta Prabowo Tegas Terhadap Pemerintah China, Politisi PKS : Kalau Lembek Semakin Direndahkan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Prabowo Subianto 

TRIBUNJAMBI.COM- Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) menyayangkan sikap Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang dinilai tidak tegas terkait klaim China atas perairan Natuna. Juru bicara (Jubir) PKS Muhammad Kholid menuturkan bahwa Prabowo harus bertindak tegas dan tidak boleh menganggap enteng masalah kedaulatan bangsa.

"Pak Prabowo sebagai Menhan tidak boleh anggap isu kedaulatan sebagai isu yang enteng. Santai. Sikapnya harus tegas dan punya wibawa. Kalau lembek, santai-santai, maka bangsa ini akan semakin direndahkan oleh bangsa lain karena tidak punya keberanian dalam bersikap," ujar Kholid dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (4/1/2020).

Penyebab Lina Mantan Sule Meninggal Dunia, Ini 5 Potret Kebersamaannya Terakhir Bersama Anak-anak

Jual Rumahnya Seharga Rp 50 Miliar, Muzdalifah Pamerkan Kamar Tidurnya yang Berhiaskan Ranjang Emas

Lowongan Kerja BUMN Telkom Paling Lambat 14 Januari 2020, Cek Syarat dan Lokasi Penempatan

Kholid pun meminta pemerintah harus bersikap keras dan tidak boleh lembek terhadap China yang mengklaim sepihak perairan Natuna.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang sebelumnya mengatakan, China mempunyai hak historis di Laut China Selatan.

"Jika sudah menyangkut kedaulatan negara, pemerintah harus bersikap keras dan tegas. Tidak boleh lembek, meskipun kepada negara sahabat seperti Tiongkok," kata Kholid.

VIRAL Silang Pendapat dengan Anies Baswedan, Menteri Basuki: Saya Tidak Dididik Untuk Berdebat

Jadwal NBA All-Star 2020, Cek Daftar 20 Pemain yang Ikut Perang Bintang Basket Amerika

Download Lagu MP3 Nella Kharisma Terbaru 2020, Ada Video Lengkap Spesial Dangdut Koplo Terpopuler

Di sisi lain, PKS mendukung sikap tegas Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang memprotes keras sikap China yang mengklaim sepihak kedaulatan wilayah Zone Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia di laut Natuna.

Kholid mengapresiasi respon tegas Menlu yang mengirimkan nota protes ke pemerintah China sebagai komitmen serius Pemerintah Indonesia dalam menjaga kedaulatan wilayah negara.

Menurutnya, sikap politik luar negeri Indonesia sudah jelas terkait klaim ZEE di wilayah Laut Natuna dan Laut Tiongkok Selatan.

Ia mengatakan, Indonesia berpegang teguh kepada hukum Internasional dalam UNCLOS 1982 dan keputusan pengadilan arbitrase PBB terkait klaim negara-negara di Laut China Selatan

"Presiden Jokowi harus bersikap jelas dan tegas. Tiongkok sebagai bagian komunitas internasional, harus menghormati norma dan hukum Internasional yang sudah menjadi kesepakatan bersama bangsa-bangsa di dunia," katanya.

Lina Mantan Istri Sule Meninggal Dunia, Ternyata Sang Paranormal Sudah Pernah Ingatkan Kejadian Ini?

Ribuan Orang Ikuti Jalan Sehat HUT Ke-63 Provinsi Jambi, Cek Agenda Acara Hari Ini

Satu Keluarga di Jaktim Tewas Keracunan Asap Genset Hidup di Kamar Saat Mati Lampu Akibat Banjir

RAMALAN Cuaca Hari Ini, Waspada! BMKG Beri Peringatan Dini Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Halaman
1234
Editor: rida
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved