Pemprov Jambi Cairkan Beasiswa Sampai Rp14 Miliar Lebih, Cek Siapa Saja Penerimanya

Beasiswa itu terdiri dari beasiswa untuk siswa SMA, SMK dan SLB negeri dan swasta berjumlah 6.350 orang, sebesar Rp 1,2 juta perorang.

Pemprov Jambi Cairkan Beasiswa Sampai Rp14 Miliar Lebih, Cek Siapa Saja Penerimanya
Tribunjambi/Zulkifli
Gubernur Jambi Fachrori Umar menyerahkan beasiswa secara simbolik. 

Pemprov Jambi Cairkan Beasiswa Sampai Rp14 Miliar Lebih, Cek Siapa Saja Penerimanya

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Beasiswa prestasi Pemerintah Provinsi Jambi untuk siswa SMA, SMK, SLB, Diploma III, strata I (S1), Strata dua (S2) dan dokter spesialis, resmi diberikan kepada 17.642 orang penerima, pada Kamis (26/12/2019).

Secara simbolis beasiswa Pemprov Jambi tahun 2019 tersebut diserahkan Gubernur Jambi Fachrori Umar, di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

Beasiswa itu terdiri dari beasiswa untuk siswa SMA, SMK dan SLB negeri dan swasta berjumlah 6.350 orang, sebesar Rp 1,2 juta perorang. Beasiswa Uji Peningkatan Kompetensi Keahlian untuk siswa kelas XII SMK, berjumlah 10.850 orang, sebesar Rp 350.000 perorang. Beasiswa Tahfids Alquran sebanyak 210 orang, sebesar Rp1- 2 juta perorang.

Genggaman Ibu Terlepas, Bocah SD Hanyut Terbawa Arus Sungai di Sarolangun

Meski Tertutup Awan, Masyarakat Kerinci Tetap Bisa Lihat Gerhana Matahari Cincin

Warga Muarojambi dan Kota Jambi Tak Mau Ikuti Permendagri, Administrasi Jadi Masalah

Beasiswa mahasiswa Diploma III sebanyak 75 orang, sebesar Rp 5 juta perorang. Beasiswa mahasiswa S1 marbout mesjid berjumlah 20 orang dan mahasiswa S1 reguler sebanyak 80 orang sebesar Rp 5 juta perorang. Beasiswa mahasiswa S2 sebanyak 50 orang, sebesar Rp15 juta perorang. Kemudian beasiswa untuk dokter spesialis sebanyak 9 orang dengan besaran beasiswa Rp100 juta perorang.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Vahrial Adhi Putra menyampaikan jumlah total anggaran beasiswa prestasi Provinsi Jambi tahun 2019 sebesar Rp 14.192.500.000. Semua bantuan yang diberikan diserahkan dalam transaksi bantuan non tunai. Beasiswa diberikan dalam bentuk buku tabungan beserta ATM.

"Mulai dari Agustus kemarin kita Dinas Pendidikan melakukan seleksi penerima beasiswa, dan pada hari ini diserahkan secara simbolis," kata Adhi Varial, Kamis (26/12/2019).

Disebutkan Adhi, untuk tahun 2020 program pemberian beasiswa masih akan tetap dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, bahkan jumlahnya bisa lebih besar dari tahun ini.

Selain itu dikatakanya pemberian bantuan beasiswa dari Pemda Provinsi Jambi ini khusus untuk dokter spesialis disertai dengan agremen antara Pemda dengan penerima beasiswa untuk kembali mengapdi di Provinsi Jambi.

Sementara itu Gubernur Jambi Fachrori Umar menyampaikan pemberian bantuan beasiswa ini termasuk bagian dari visi misi Jambi dengan peningkatan sumber daya manusia. Kata Fachrori, tahun 2019 ini ada hal yang baru untuk pemberian beasiswa prestasi yakni beasiswa Tahfidz Qur'an.

"Kali ini ada tambahan beasiswa yakni Tahfidz Qur'an. Ini untuk memotivasi mereka agara lebih meningkatkan hafalan mereka," sebutnya.

Kata Fachrori, pada tahun ini diserahkan beasiswa sebanyak 17.644 jika ditambah penerima tahun 2017 dan 2018 maka jumlah beasiswa yang telah diberikan Pemprov Jambi sebenyak 23.843 orang. "Ini melampaui janji Jambi Tuntas sebanyak 15 ribu beasiswa," Pungkas Fachrori.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved