Gerhana Matahari, Wali Kota Jambi Ajak Warga Salat Kusuf

Kamis (26/12) berdasarkan data dari BMKG Provinsi Jambi, akan terjadi gerhana matahari cincin (GMC).

Gerhana Matahari, Wali Kota Jambi Ajak Warga Salat Kusuf
dok.humas
Pemkot Jambi ajak warga salat kusuf saat gerhana matahari yang diprediksi terjadi pada 26 Desember 2019. 

Gerhana Matahari, Wali Kota Jambi Ajak Warga Salat Kusuf 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Kamis (26/12) berdasarkan data dari BMKG Provinsi Jambi, akan terjadi gerhana matahari cincin (GMC). Meskipun di Kota Jambi masyarakat tidak dapat melihat gerhana matahari cincin secara penuh, namun sebagaian masih bisa dilihat dengan mata telanjang.

Dikatakan Kurnia Ningsih Kasi data dan informasi BMKG Provinsi Jambi bahwa GMC diperkirakan akan terjadi mulai pukul 11.49 WIB kurang lebih selama 3 menit 40 detik.

“Tapi kalau di Kota Jambi tidak akan terlihat gelap, karena GMC tidak terlihat utuh di Jambi. Nanti yang akan terlihat penuh sekali GMC nya di daerah Riau tepatnya di Bengkalis,” sebutnya Selasa, (24/12).

VIDEO: Waspada Ini, 6 Gejala Masalah Jantung Mulai dari yang Paling Ringan hingga Parah

Jadwal Libur Natal Telah Ditetapkan, ASN Kota Jambi Dilarang Tambah Libur

KKI Warsi: Kerugian Negara Akibat PETI di Jambi Capai Rp2,5 Triliun

Menurutnya dampak dari fenomena alam dan tidak banyak mempengaruhi kondisi cuaca. Karena menurutnya biasanya yang mempengaruhi biasanya adalah gerhana bulan, yakni berbentuk gaya gravitasi sehingga menyebabkan tingginya gelombang air laut.

“Tapi kalau gerhana matahari tidak berdampak apa-apa. Karena ini proses terhalangnya cahaya matahari oleh bulan, sehingga tidak cahaya matahari tidak sampai ke bumi,” katanya.

Mengingat akan terjadinya gerhana matahari, Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengimbau kepada seluruh masyarakat muslim di Jambi untuk melakukan salat gerhana matahari pada Kamis (26/12) pukul 10.34 WIB.

Dikatakan Fasha agar umat muslim di Kota Jambi agar melakukan solat sunnah gerhana secara berjamaah dan melakukan khutbah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW dalam pelaksanaan salat gerhana. Dianjurkan untuk bertakbir terlebih dahulu, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal kebajikan lainnya.

“Jangan lupa pula untuk berdoa untuk kebaikan dan keselamatan bangsa dan negara,” pungkasnya. (Rohmayana)

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved