Harga TBS Terus Naik, Petani Sawit di Tanjab Timur Semringah

Penghujung tahun 2019 harga tandan buah segar (TBS) mengalami peningkatan, tercatat dari harga Rp 800 kini meningkat menjadi Rp 1.450.

Harga TBS Terus Naik, Petani Sawit di Tanjab Timur Semringah
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/wsj.
Petani sawit mulai tersenyum kala harga TBS berangsur naik. 

Harga TBS Terus Naik, Petani Sawit di Tanjab Timur Semringah

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Penghujung tahun 2019 harga tandan buah segar (TBS) mengalami peningkatan, tercatat dari harga Rp 800 kini meningkat menjadi Rp 1.450. Jumat (20/12)

Berdasarkan data yang dihimpun Tribunjambi.com di lapangan, para petani sawit terutama di Kabupaten Tanjung Jabung Timur mulai dapat tersenyum lebar.

Sudah hampir tiga pekan berjalan ini harga TBS terus mengalami fase membaik, terutama dari harga jual yang membuat petani semakin bersemangat. 

Saat ini harga TBS di tingkat pengepul harga sawit per kilonya tembus angka Rp1.450 dimana angka tersebut jauh lebih baik dari harga sebelumnya yang tidak sampai Rp1.000.

772 Pelamar CPNS di Sarolangun Tak Memenuhi Syarat, Hanya 300an yang Ajukan Sanggahan

Festival Kampung Senaung 2019, Banyak Tampilkan Seni Lokal Muarojambi

Matahari YouTube Contest, Menangkan Hadiah Jutaan Rupiah

VIDEO: Kades Sukaraja Mendadak Meninggal Dunia Setelah 7 Jam Dilantik

Dikatakan Saijan (53) petani sawit di Kecamatan Dendang menuturkan, meski saat ini harga sawit terus mengalami kenaikan yang terbilang baik. Di angka Rp1.450 namun bagi petani dengan harga segitu belum masuk kategori aman.

"Tapi alhamdulillahlah saat ini harga terus naik, harapannya kalo bisa harga terus naik. Minimal Rp1.800 baru dapat dikatakan aman," harapnya.

Saijan melanjutkan, untuk sawit usia diatas 10 tahun sendiri saat ini harganya sudah Rp 1.800. Jika harga tersebut dapat merata tentu akan sangat membantu petani sawit.

"Kalau sudah begitu tentunya secara ekonomis petani sangat terbantu. Terutama untuk melengkapi biaya perawatan," pungkasnya. (usn).

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved