Ketahanan Produk di Angka 5 Hari, Pertamina Kawal Distribusi Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Memasuki penghujung tahun 2019 dan menuju malam pergantian tahun baru 2020, Pertamina berkomitmen untuk mengawal distribusi

Ketahanan Produk di Angka 5 Hari, Pertamina Kawal Distribusi Selama Libur Natal dan Tahun Baru
Stanly/Otomania
SPBU Pertamina 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Memasuki penghujung tahun 2019 dan menuju malam pergantian tahun baru 2020, Pertamina berkomitmen untuk mengawal distribusi dan keamanan energi. General Manager (GM) Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju, Joko Pranoto, Rabu (18/12) mengatakan, komitmen itu terimplementasi dalam bentuk tim Satuan Tugas (Satgas) Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) dalam dua periode.

Menurut Joko, stok dan ketahanan hari seluruh produk olahan Kilang RU III Plaju dalam jumlah yang siap memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk kapasitas produksi kilang sendiri, Joko menuturkan Kilang RU III Plaju berada di angka 105 hingga 110 Million Barrel (MB) dengan rata-rata ketahanan produk di angka lima hari.

“Jadi kehandalan kilang dalam kondisi yang maksimal untuk melayani kebutuhan masyarakat, selanjutnya yang akan kami lakukan adalah memastikan Tim Satgas Nataru di kilang untuk memonitor kinerja baik ini serta tidak lupa berkoordinasi dengan Tim Satgas Nataru di Marketing Operation II Sumbagsel,” ujar Joko.

Dari sisi pemasaran, GM MOR II Sumbagsel, Primarini menyatakan bahwa Tim Satgas Nataru sudah melakukan prediksi kebutuhan energi selama Natal dan Tahun Baru.

“Untuk jenis bahan bakar Gasoline (Pertamax, Pertalite, Premium) diprediksi ada peningkatan sebesar +2.5 persen, Gasoil (Dex, Dexlite, Biosolar) turun sebesar -4.2 persen, Avtur turun sebesar -5 persen, dan untuk LPG ada peningkatan sebesar +3.6 persen.

Jika dibandingkan dengan Satgas Nataru 2018, Gasoline ada peningkatan +2.6 persen, Gasoil meningkat +1 persen, Avtur turun -28 persen, dan LPG meningkat +3.4 persen,” jelas Primarini.(cfi)

Terbanyak pada Premium

Sementara itu, Sales Branch Manager (SBM) Pertamina Jambi, Andrew Ricky Ferdinand Tambunan mengatakan, Menjelang hari libur natal dan tahun baru 2020, Pertamina memprediksi kenaikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis gasoline di Provinsi Jambi meningkat sebanyak 6 persen dari konsumsi normal.

Dia mengatakan, pada hari libur natal dan tahun baru konsumsi BBM gasoline dari biasanya 1.305 KL perhari naik menjadi sekitar 1.390 KL perhari.

"Konsumsi BBM jenis gasoline seperti pertamax turbo, pertamax, pertalite dan Premium diperkirakan semuanya meningkat dari konsumsi normal, dan untuk kenaikan konsumsi terbanyak terdapat pada premium mencapai 9-10 persen atau 58 KL perhari," tambahnya.

Andrew menyebutkan, peningkatan konsumsi BBM jenis gasoline dikarenakan wilayah Provinsi Jambi hanya menjadi jalur lintas yang dilewati oleh pemudik bukan daerah tujuan wisata.

Sedangkan, untuk konsumsi BBM jenis gasoil yakni BBM diesel seperti Pertamina dex, dexlite, solar atau bio solar mengalami penurunan sebesar 6 persen dari konsumsi normal.

"Kalo akhir tahun biasanya pabrik atau tambang sudah banyak yang libur, jadi kendaraan seperti truk dan operasional lainnya banyak yang stop, sehingga penurunan konsumsi pada BBM jenis gasoil," tambahnya.

Penulis: fitri
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved