Situs Perahu Kuno Lambur

Wabup Berharap Situs Perahu Kuno Menjadi Lokasi Wisata Edukasi

Wakil Bupati Tanjab Timur M Roby berharap ke depan di situs perahu kuno dapat menjadi kawasan wisata edukasi

Wabup Berharap Situs Perahu Kuno Menjadi Lokasi Wisata Edukasi
tribunjambi/abdullah usman
Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, M Roby 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com, Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Wakil Bupati Tanjab Timur M Roby berharap ke depan di situs perahu kuno Lambur dapat menjadi kawasan wisata edukasi, saat ini pemerintah dalam menuju proses tersebut, Senin (16/12).

Hal tersebut disampaikan M Roby dalam sebuah seminar tentang hasil penelitian situs kapal kuno di Desa Lambur I Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjabtim.

Dikatakan Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, M Roby kepada tribunjambi.com, berpedoman pada UU No 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Proses Penelitian Ekskavasi Perahu Kuno Lambur, Rampung, Pemda Tunggu Hasil Laporan Tim Peneliti
Proses Penelitian Ekskavasi Perahu Kuno Lambur, Rampung, Pemda Tunggu Hasil Laporan Tim Peneliti (tribunjambi/Abdullah Usman)

Di mana situs cagar budaya perahu kuno Lambur merupakan salah satu situs cagar budaya dari 22 situs budaya yang ada di Tanjab Timur. 

BREAKING NEWS: Misteri Mulai Terungkap, Perahu Kuno Lambur Diperkirakan dari 1.500 Masehi

Sejak tahun 2017 pemda berusaha untuk mengungkap situs ini namun pada 2019 baru bisa terlaksana bekerja sama dengan UI dan juga pihak terkait dalam pelaksanaannya.

"Mudah-mudahan, dari hasil penelitian ini dapat menjadi pintu untuk mengungkap sejarah lain yang ada di tanjabtim," harap Roby.

Selain itu dirinya juga berharap ke depan di lokasi situs perahu kuno dapat dijadikan kawasan wisata edukasi. Terutama bagi anak anak dan pelajar untuk mengetahui sejarah tempat tinggalnya.

Ratusan Botol Miras di Sarolangun Disita, Terbanyak Vodka

"Sehingga pandangan generasi milenial akan budaya dan peninggalan sejarah tidak sekedar berpikir bahwa budaya adalah peninggalan kuno dan harus ditinggalkan. Namun malah sebaliknya mereka menjadi lebih mengerti akan pentingnya hal tersebut," jelasnya.

Sementara itu Kabag Litbangda Tanjab Timur Herli, mengatakan, sesuai keinginan pemerintah dan bupati tadi saat ini di lokasi perahu kuno telah dibangun semacam gazebo rumah mini untuk menyimpan benda-benda peninggalan perahu kuno tersebut.

Proses Penelitian Ekskavasi Perahu Kuno Lambur, Rampung, Pemda Tunggu Hasil Laporan Tim Peneliti

"Saat ini itu dulu yang kita siapkan bagi pengunjung yang penasaran, namun untuk replika atau miniatur dan sebagainya masih perlu penelitian lebih lanjut lagi," pungkasnya. (usn)

VIRAL Detik-detik Anggota TNI Terjun ke Sungai

FOLLOW INSTAGRAM TRIBUN JAMBI:

.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved