Breaking News:

14 Kecamatan di Merangin Masuk Daftar Daerah Rawan Banjir dan Longsor

Kabupaten Merangin termasuk daerah yang rawan bencana, terutama banjir dan longsor.

istimewa
Diketahui ruas jalan antara Bangko-Jangkat mengalami longsor, tadi malam, Kamis (12/12/2019), setelah hujan lebat. Polisi mengatur lalu lintas dan memasang garis polisi. 

14 Kecamatan di Merangin Masuk Daftar Daerah Rawan Banjir dan Longsor

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO -- Kabupaten Merangin termasuk daerah yang rawan bencana, terutama banjir dan longsor.

Warga diminta untuk waspada, sebab kejadian ini bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja. Apalagi saat ini memasuki musim hujan.

Namun demikian, BPBD sudah lakukan pemetaan wilayah di Kabupaten Merangin yang rawan terjadi bencana banjir dan longsor (Bansor).

"Untuk memasuki musim hujan kami dari BPBD merangin sudah siaga dan telah melakukan pemetaan wilayah Bansor," kata Akmal Zen, Kepala BPBD Merangin.

Akibat Diguyur Hujan Lebat, Dua Kali Longsor Terjadi di Merangin Hari Ini

FOTO-FOTO Jalan Bangko-Jangkat Longsor Ambles, Mobil Terperosok ke Pinggir

Ruas Jalan Longsor, Haris Langsung Instruksikan Kadis PU untuk Turun dan Bawa Alat Berat

Menurut Akmal Zen, ada 14 Kecamatan yang masuk dalam pemetaan wilayah rawan Bansor, diantaranya Kecamatan Tabir, Kecamatan Tabir Barat dan Kecamatan Tabir Timur.

"Selanjutnya Kecamatan Tabir Ulu, Kecamatan Tabir Barat, itu untuk wilayah Tabir Raya. Kemudian Kecamatan Sungai Manau, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kecamatan Renah penarap, Kecamatan Nalo Tantan dan Kecamatan Bangko Barat," jelasnya.

Selanjutnya untuk wilayah rawan Bansor lainnya terdapat di wilayah Dapil empat, seperti Kecamatan Tiang Pumpung, Kecanatan Muara Siau, dan Kecamatan Jangkat serta Kecamatan Jangkat Timur.

Saat ditanya, untuk menghadapi kemungkinan terjadi Bansor sesuai dengan pemetaan wilayah Bansor yang disampaikannya itu. Saat ini, untuk posko masih di Kantor BPBD Merangin.

"Posko di kantor BPBD, untuk peningkatan status darurat Bansor belum, karena belum memasuki musim hujan diperkirakan bulan Desember," pungkasnya.(*)

Penulis: Muzakkir
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved