Haul Akbar Syekh Abdul Qodir Al Jailani, Ribuan Warga Tungkal Tumpah Ruah

Belasan ribu massa penuh sesak memadati pesantren Al Baqiyatus Shalihat, Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, Jambi, Minggu (8/12).

Haul Akbar Syekh Abdul Qodir Al Jailani, Ribuan Warga Tungkal Tumpah Ruah
tribunjambi/darwin sijabat
Belasan ribu massa penuh sesak memadati pesantren Al Baqiyatus Shalihat, Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, Jambi, Minggu (8/12/19). Sejak pagi jamaah peserta haul terlihat berpakaian putih berbondong-bondong mendatangi lokasi Haul akbar Syekh Abdul Qodir Al Jailani sekaligus Syekh Muhammad Nawawi Berjan serta Syekh Muhammad Ali bin Syekh Abdul Wahab. 

KUALA TUNGKAL, TRIBUN - Belasan ribu massa penuh sesak memadati pesantren Al Baqiyatus Shalihat, Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, Jambi, Minggu (8/12).

Sejak pagi jamaah peserta haul terlihat berpakaian putih berbondong-bondong mendatangi lokasi Haul akbar Syekh Abdul Qodir Al Jailani sekaligus Syekh Muhammad Nawawi Berjan serta Syekh Muhammad Ali bin Syekh Abdul Wahab.

Disitu juga mengikuti dzikir dan doa bersama serta mendengarkakn tausiyah agama Habib Muhammad Bin Yahya Baroqbah.
Ketua Panitia Pelaksana Haul Akbar, Ustaz Anwar Sadat menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah dengan sukarela dan keikhlasan menyukseskan acara haul Sulthonul Aulia Syekh Abdul Qodir Al Jaelani sekaligus milad MT Al Hidayah ke-40 dan Milad Ponpes Al Baqiyatus Shalihat ke-26.

"Kami mengucapkan ribuan terima kasih telah memberikan dukungan baik moril maupun materil sehingga siang ini kita bisa menyelenggarakan haul dan perayaan milad," katanya.

Tak luput, ucapan terima kasih juga disampaikan atas perhatian dan dukungan pemerintah daerah serta panitia yang sudah sepenuh tenaga bekerja dari malam hingga pagi.

"Semoga haul kita diberkahi Allah SWT, dan kami sekaligus menyampaikan permohonan maaf jika masih ada peserta haul yang terpaksa memilih berdiri karena keterbatasan, dan semoga tahun depan bisa lebih kita tingkatkan lagi," ujarnya.

Sementara pengasuh Ponpes Al Baqiyatus Shalihat, KH Abdul Hakim, menyampaikan bahwa dengan adanya haul ini dapat menjaga silaturahmi khususnya sesama jamaah tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah.

"Dengan Haul ini guna mengenang dan meneladani kehidupan beliau (Syekh Abdul Qodir Al Jilani) dalam menyebarkan Islam dan ajarannya yang menjunjung tinggi nilai nilai kemanusiaan," ujar KH Abdul Hakim bin Syekh Muhammad Ali.

"Ada jarak cukup jauh lebih dari sembilan abad, namun jarak panjang itu tidak membuat kita merasa jauh, namun tetap merasa dekat dengan adanya haul ini diantaranya," sambungnya.

Haul di Ponpes Al Baqiyatus Shalihat merupakan acara puncak haul, dimana sebelumnya ribuan jamaah dari berbagai pelosok sudah memenuhi Masjid Agung Al-Istiqomah Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sejak Sabtu (7/12) malam.

Meski cuaca dingin Kota Kuala Tungkal diguyur hujan sejak malam, namun tak menyurutkan niat peserta haul berbondong-bondong mengikuti dzikir, tahlil dan do’a bersama Haul Syekh Abdul Qodir Al Jaelani, sekaligus Haul Syekh Muhammad Nawawi Berjan dan Syekh Muhammad Ali bin Syekh Abdul Wahab.

Tausiyah di Masjid Agung Al Istiqomah diisi oleh KH. Muhammad Hatim Salman, Lc Pimpinan Ma’had Aly Darussalam Martapura Kalimantan Selatan.

KH. Muhammad Hatim Salman, Lc mengajak jamaah yang hadir untuk mengambil hikmah meneladani kehidupan dan jalan sufi Syekh Abdul Qadir Al Jaelani.

Usai tausiyah dilanjutkan dengan shalat tengah malam berjamaah dan wirid hingga subuh.

Penulis: Darwin
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved