3 Pengidap HIV Tak Terpantau, 4 Puskesmas Disiapkan untuk Layani Kontrol Kesehatan

Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi mencatat setidaknya sampai saat ini terdapat 19 pengidap HIV atau human immunodeficiency virus.

3 Pengidap HIV Tak Terpantau, 4 Puskesmas Disiapkan untuk Layani Kontrol Kesehatan
Net
Ilustrasi

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi mencatat setidaknya sampai saat ini terdapat 19 pengidap HIV atau human immunodeficiency virus. Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi, Yes Isman.

"Untuk HIV jumlahnya ada 19 kasus, 14 survive, 2 pindah pengobatan ke RSUD Mattaher, dan 3 loss kasus (tidak terpantau-Red). Dari 19 itu dua anak dan lainnya dewasa. Untuk anak itu dari ibunya penderita HIV, sekarang berusia 11 tahun dan 9 tahun," ungkapnya.

Ia menyebutkan, untuk mempermudah penderita HIV dalam melakukan kontrol kesehatannya, Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi telah menyiapkan empat puskesmas dengan sklill yang sudah terlatih dalam menangani kasus HIV.

"Sampai saat ini yang aktif masih makan obat ARV setiap hari, obat programnya diambil di RSUD Ahmad Ripin dan 4 Puskesmas kita yang sudah terlatih," sebutnya.

Upaya pengendalian yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi dengan melakukan screening kelompok yang berisiko terkena HIV. Pihaknya juga melakukan penyuluhan-penyuluhan pengetahuan komprehensif HIV-AIDS pada kelompok remaja anak sekolah.

"Untuk kegiatan pencegan itu kita lakukan screening terintegrasi pada ibu hamil dengan tripel is liminasi HIV, hepatitis B dan sypilis, serta kita lalukan penyuluhan," katanya.

Penulis: samsul
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved