Kaum Wanita Diimbau Mendaftar, Bawaslu Targetkan Keterwakilan Perempuan di Panwascam

Bawaslu Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) menargetkan 30 persen keterwakilan perempuan menjadi panitia pengawas kecamatan

Kaum Wanita Diimbau Mendaftar, Bawaslu Targetkan Keterwakilan Perempuan di Panwascam
Tribunjambi/Darwin Sijabat
Bawaslu Tanjabbar Targetkan 30 Persen Keterwakilan Perempuan untuk Penerimaan Panwascam 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Bawaslu Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) menargetkan 30 persen keterwakilan perempuan menjadi panitia pengawas kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Tanjab.

"Kita akan prioritaskan 30 persen keterwakilan perempuan, diusahakan. Itu menjadi prioritas kita," sebut Hadi Siswa, Ketua Bawaslu Tanjab Barat.

Pada hari keempat dibukanya penerimaan berkas pendaftaran untuk Panwaslu kecamatan, dari 54 orang mengajukan surat pendaftaran baru sembilan perempuan yang mendaftarkan diri.

Untuk itu dia mengharapkan warga Tanjab Barat yang perempuan yang untuk dapat terlibat dengan mendaftarkan diri dalam Panwascam tersebut.

Saat ini Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tanjab Barat di Jalan Prof. Dr. Sri Soedewi, MS, SH, No. 61 dan 63 Kuala Tungkal, masih dilakukan penerimaan berkas hingga tanggal 3 Desember mendatang.

Disebutkannya, dari 13 kecamatan pendaftar terbanyak di Kecamatan Tungkal Ilir 17 pendaftar, rinciannya 13 laki-laki dan 4 perempuan. Kemudian Betara dan Batang Asam masing-masing 6 calon.

Sementara yang masih sepi pendaftar di Kecamatan Kuala Betara dan Tebing Tinggi masing-masing 2 calon.

Kemudian disusul 3 kecamatan lagi yakni Senyerang, Seberang Kota dan Renah Mendaluh, masing-masing 1 calon pendaftar.

Berdasarkan Pengumuman Bawaslu Kabupaten Tanjung Jabung Barat No. 001/Pokja-07/P4K/XI/2019, penerimaan dan pemeriksaan berkas pendaftaran ini akan berlangsung dari tanggal 27 November hingga 3 Desember 2019.

Dia mengatakan selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan berkas pada tanggal 4 Desember 2019 untuk kelengkapan dokumen.

Namun apabila belum memenuhi maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran.

"Nanti kalau ada kecamatan yang kurang dari enam, pendaftaran kita perpanjang lima hari kedepan, tanggal 6 sampai 11 Desember," ujarnya, Minggu (1/11).

Bagi pendaftar yang lulus administrasi, Bawaslu akan mengumumkannya pada tanggal 12 Desember 2019. Selanjutnya tanggal 13 hingga 17 dilaksanakan tes secara tertulis dan wawancara.

Dia mengharapkan kelak yang menjadi Panwascam merupakan warga yang berkualitas dan berintegritas. Kemudian menjadi bahan pertimbangan yaitu tidak terlibat dalam partai politik, tim pemenangan dan umur minimal 25 tahun saat mendaftar.

Penulis: Darwin
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved