56 Kepala Desa di Kabupaten Tanjab Barat Resmi Dilantik

Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial berpesan kepada kepala desa yang baru saja dilantik untuk menyelaraskan pembangunan desa

56 Kepala Desa di Kabupaten Tanjab Barat Resmi Dilantik
Tribunjambi/Darwin
Bupati Safrial menyaksikan penandatanganan berkas pelantikan 56 kepala desa di Tanjab Barat, dalam sebuah acara Senin (25/11) di Balai Pertemuan Kantor Bupati. 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial berpesan kepada kepala desa yang baru saja dilantik untuk menyelaraskan pembangunan desa dengan pembangunan kabupaten, sehingga hasil pembangunan dapat dirasakan oleh masyarakat.

Pesan itu disampaikan Safrial saat pelantikan 56 kepala desa terpilih periode 2019-2025 di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Senin (25/11).

Safrial menyampaikan, sejalan dengan berkembang zaman maka paradigma tentang desa berubah sejalan dengan perkembangan zaman. Desa dipandang sebagai pondasi negara sehingga untuk membangun negara harus lebih dahulu memperkuat pembangunan di desa-desa.

Bupati juga ingatkan kewajiban bagi kepala desa yang baru dilantik untuk menyusun rencana pembangunan jangka menengah Desa ( RPJM Desa) yang merupakan rencana kegiatan pembangunan desa untuk jangka waktu 6 tahun.

Dijelaskannya, RPJM Desa ditetapkan dalam jangka waktu paling lama 3 bulan terhitung sejak pelantikan kepala desa.

"Perencanaan pembangunan desa harus sesuai dengan kewenangan desa dengan mengacu pada perencanaan pembangunan kabupaten," ujarnya.

"Selain itu juga wajib menyelenggarakan musyawarah perencanaan pembangunan desa secara partisipatif, RPJM Desa ini menjadi pedoman bagi pemerintah desa dalam menyusun rancangan RKP desa dan daftar usulan RKP desa," tambahnya.

Bupati berpesan kepada kepala desa yang baru dilantik agar menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana bagi masyarakat pemimpin yang tidak memilah suku bangsa agama kelompok dan ras.

Penulis: Darwin
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved