Apa itu Penyakit Parkinson? Ini Penyebab, Gejala, dan Perawatan Penyakit Parkinson

Ketika jumlah dopamin yang diproduksi di otak menurun, seseorang akan mengalami kesulitan dalam mengendalikan gerakannya.

Apa itu Penyakit Parkinson? Ini Penyebab, Gejala, dan Perawatan Penyakit Parkinson
istimewa
Rumah Sakit Spesialis Regency 

Penyakit Parkinson (PP)

Apa itu Penyakit Parkinson?

Penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif, mempengaruhi sel-sel saraf di otak (substantia nigra) yang menghasilkan dopamin yang mengakibatkan defisiensi dopamin. Dopamin adalah zat kimia yang diperlukan untuk mengirim pesan ke bagian otak yang mengontrol gerakan dan koordinasi. Ketika jumlah dopamin yang diproduksi di otak menurun, seseorang akan mengalami kesulitan dalam mengendalikan gerakannya.

Apakah parkinsonisme sama dengan diagnosis PP?
Tidak. Parkinsonisme adalah istilah umum yang mengacu pada sekelompok gangguan neurologis yang menyebabkan masalah gerakan, seperti tremor, gerakan lambat, dan kekakuan. Ada sejumlah penyebab parkinsonisme dan salah satu penyebabnya adalah PP.

Apakah hanya mempengaruhi orang yang lebih tua?
Tidak, PP juga dapat mempengaruhi remaja, orang dewasa (kurang 40 tahun) dan juga orang yang lebih tua. Usia rata-rata onset adalah 60 tahun, dan kejadian meningkat secara signifikan dengan bertambahnya usia.

Apa penyebab PP?

Sekitar 5-10% kasus PP diwariskan dan mayoritas bersifat multifaktorial. Penelitian menunjukkan hubungan antara PP dan faktor lingkungan seperti paparan pestisida, toksisitas karbon monoksida, mangan logam dan bahan kimia lainnya. Tetapi pada sebagian besar kasus PP, penyebabnya tidak diketahui.

Apa gejala PP?

Sebagian besar kasus PP mengembangkan gejala lain yang tidak terkait dengan gerakan (gejala non-motorik). Gejala-gejala non-motorik adalah umum dan dapat merepotkan dan melumpuhkan. Beberapa gejala non-motorik yang umum adalah hilangnya bau, masalah tidur, sembelit, kecemasan dan depresi.

Bagaimana cara mendiagnosa PP?

Halaman
12
Editor: nani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved