Kak Seto: Orang Tua Harus Bisa Jadi Artis Serba Bisa untuk Anak

Kak Seto, mengatakan gadget ibarat pisau bermata dua bagi anak-anak. Bisa menjadi madu dan racun bagi anak-anak.

Kak Seto: Orang Tua Harus Bisa Jadi Artis Serba Bisa untuk Anak
Tribunjambi/Zulkifli
Kak Seto atau Seto Mulyadi, jadi pembicara di seminar parenting yang digelar Lambaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Provinsi Jambi, Sabtu (23/11). 

Kak Seto: Orang Tua Harus Bisa Jadi Artis Serba Bisa untuk Anak

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - "Ada apa dengan gadget" menjadi tema besar dalam seminar parenting bersama Kak Seto atau Seto Mulyadi, yang digelar Lambaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Provinsi Jambi, Sabtu (23/11).

Seminar yang digelar di EV Garden Kota Jambi itu dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari ibu-ibu dan guru PAUD.

Ketua LPAI Provinsi Jambi Amsarnedi dalam sambutanya menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu program LPAI Jambi sebagai wujud kepedulian terhadap anak-anak di Provinsi Jambi, terkait persoalan yang kini berlangsung di masyarakat, yaitu pengaruh gadget terhadap perkembangan otak anak.

"Selain itu banyak lagi kegiatan-kegiatan lain, yang telah kita lakukan seperti melakukan pendampingan terhadap anak yang menghadapi persoalan hukum, serta bantuan-bantuan sosial lainya," kata Amsanedi.

Nanda Mirana: Tak Ada Profesi Hebat Tanpa Guru

BPCB Jambi Pastikan Benda Peninggalan Umat Hindu di Sarolangun Baru, Tak Masuk Benda Cagar Budaya

Fokus Perbaiki Infrastruktur, Pemkot Jambi Siapkan Rp110 Miliar pada 2020

Sementara itu, Seto Mulyadi yang lebih akrab diapanggil Kak Seto, dalam penyampaian materinya mengungkapkan gadget ibarat pisau bermata dua bagi anak-anak. Bisa menjadi madu dan racun bagi anak-anak. Orang tua harus bisa lebih cerdas memberikan fasilitas gawai bagi anak-anaknya.

"Karena dampak Gadget itu bisa merusak otak dan emosional bagi anak. Anak masih bisa belajar dan bermain dengan media dan bentuk cara lain. Jika sudah ketergantuangan dan kecanduan itu akan jadi masalah," kata Kak Seto.

Selain itu, Kak Seto juga mengajak kepada para peserta untuk menjadi sahabat bagi anak-anak. "Orang tua harus bisa menjadi artis serba bisa bagi anak, bisa bernyanyi, mendongeng atau bersulap sebagai hiburan dan pembelajaran bagi anak-anak," ujarnya.

Ilustrasi
Ilustrasi (THINKSTOCKPHOTOS)

Bahkan dalam kesempatan itu, Kak Seto langsung mempraktekkan bagaimana cara mendidik anak melalui lagu-lagu anak, mendongeng, hal itu dinilai sangat mempengaruhi tumbuhkambang dan karaktet anak.

"Bukan jamanya lagi mendidik anak itu menjadi anak yang penurut. Tapi bagaimana anak itu di didik untuk bisa bekerjasama dengan orang tua, menjadi sahabat, dan mandiri," bebernya.

Dalam kegiatan itu pula, dilaksanakan pengukuhan pengurus LPAI Provinsi Jambi langsung oleh ketua LPAI Pusat yakni Seto Mulyadi. Selain itu juga digelar lomba mewarnai yang di ikuti ratusan anak.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved