Berita Tanjab Barat

Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah, Ini Harapan Bupati Safrial

Penyusunan laporan keuangan diharapkan dapat mendorong mewujudkan pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik

Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah, Ini Harapan Bupati Safrial
Tribunjambi/Darwin Sijabat
Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah, Ini Harapan Bupati Safrial 

Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah, Ini Harapan Bupati Safrial

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Penyusunan laporan keuangan diharapkan dapat mendorong mewujudkan pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik (Red Clean goverment and governance) yang merupakan kunci kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Harapan itu disampaikan Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Daerah 2019 yang diselenggarakan di ruang Pola Utama Kantor Bupati, Selasa (19/11/2019).

Selaku Ketua Panitia, Kepala BPKAD Rajiun Sitohang mengatakan Ruang Lingkup keuangan bagi suatu Intitusi mencakup keseluruhan kеgiatаn pengelolaan keuangan, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, dan pengawasan.

Penurunan Angka Kemiskinan, Wabup Amir Sakib Minta Instansi Terkait Lakukan Verifikasi

Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Masih Dipertimbangkan, Bakal Ada Tahun Depan?

Ratusan Pelamar CPNS Daftar di Tanjab Barat, Cek Waktu dan Formasi yang Mendominasi di Sini

Kapolri Jenderal Idham Aziz Marah Lihat Kapolres Ngobrol Saat Pengarahan, Berujung Pencopotan!

Menurutnya, penataan keuangan sebuah institusi sebagai bagian dari pengelolaan keuangan Daerah akan memegang peranan penting dalam proses pengelolaan kеuаngаn secara keseluruhan.

Terkait hal itu, menurutnya, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang penatausahaan dan akuntansi keuangan harus diperkuat, agar pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah dapat berjalan dengan baik.

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang keuangan daerah, khususnya dalam hal penatausahaan keuangan daerah sehingga peserta diharapkan akan mampu melakukan tugas penatausahaan keuangan Daerah," katanya.

Sementara itu Safrial menuturkan, pengelolaan keuangan daerah adalah merupakan salah satu bagian penting dalam pemerintahan.

"Bimbingan Teknis pengelolaan keuangan daerah ini merupakan Salah satu langkah pemerintah daerah dalam proses penyusunan laporan keuangan tahun 2019 dan diharapkan dapat mendorong mewujudkan pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik. Juga merupakan kunci kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah," ungkapnya.

Safrial berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan aparatur yang terlibat dalam pengelolaan keuangan dan penyusunan laporan keuangan SKPD sehingga laporan keuangan yang disusun sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah, Ini Harapan Bupati Safrial (Darwin Sijabat/ Tribunjambi.com)

Penulis: Darwin
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved