Lebarkan Pasar Buah Lokal, Tanihub Gandeng GoFruit

Guna tingkatkan pamor buah lokal di domestik, platform e-commerce untuk hasil pertanian Tanihub gandeng platform e-commerce

Lebarkan Pasar Buah Lokal, Tanihub Gandeng GoFruit
Instagram @agrigentonotizie.it
Ilustrasi buah-buahan 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Guna tingkatkan pamor buah lokal di domestik, platform e-commerce untuk hasil pertanian Tanihub gandeng platform e-commerce khusus buah-buahan GoFruit. Kerja sama tersebut nantinya Tanihub akan berperan dalam memasok buah lokal ke semua outlet GoFruit.

Buah yang dipasok Tanihub ke GoFruit adalah buah dengan grade A, B dan C. Saat ini sendiri GoFruit membangun tiga format awal outlet yaitu ruko, rumahan dan lapak.

Selain pasok buah dari petani langsung, Tanihub membiayai produksi 200 tenda co-branding yang akan digunakan pelapak dari GoFruit. Kerja sama tersebut dirasa sejalan lantaran keduanya memiliki tujuan yang sama untuk menghubungkan petani dengan konsumen.

Tanihub merupakan platform e-commerce yang menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha serta end user.

Sementara, GoFruit adalah perusahaan online to offline untuk buah-buahan yang memudahkan konsumen untuk memesan buah secara online kemudian konsumen dapat memilih agar buah dikirim ke alamatnya atau mengambil di pick up point.

CEO Tanihub Group Ivan Arie Sustiawan mengatakan, kerja sama ini adalah upaya mendukung pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM khususnya pedagang kecil yang menjual hasil Tani dengan harga yang wajar, misalnya buah lokal.

"Kita melihat bahwa GoFruit ini kuat di bisnis offline-nya. Mereka punya beberapa konsep bisnis ritel toko buah, mulai dari modelnya ruko maupun tenda. Harapannya dengan kerja sama ini bantu maksimalkan salurkan hasil petani binaan kita, kita akan dibantu teman GoFruit serap lebih banyak lagi," jelas Ivan saat acara penandatanganan kerjasama dengan GoFruit di Kawasan Kemang Selatan, Jakarta Selatan, Senin (18/11).

Tanihub sendiri saat ini memiliki warehouse atau distribution center yang terletak di 4 Kota yaitu Bogor, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya serta sejumlah titik distribusi di berbagai area.

Di warehouse tersebut dilakukan pengelompokan buah dan sayur, mengukur tingkat kemanisan, melakukan quality control dan quality assurance agar kualitas produk yang sampai ke tangan pelanggan tetap terjaga kesegarannya.

Rengkuh 1 Juta Petani
Total petani yang dibina Tanihub saat ini ada kurang lebih 35.000. Mimpi Tanihub ialah mampu rengkuh 1 juta petani binaan yang tentunya dapat membuat para petani lebih sejahtera lagi dengan memutus rantai pasok yang panjang. Sayangnya Ivan belum merinci kapan 1 juta petani binaan ingin dicapai.

Halaman
12
Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved