Operasi Penurunan Berat Badan Untuk Diabetes

Orang yang obesitas biasanya terpengaruh dengan masalah medis seperti diabetes, hipertensi dan kolesterol tinggi. Prosedur operasi standar

Operasi Penurunan Berat Badan Untuk Diabetes
net
Ilustrasi 

Operasi Penurunan Berat Badan Untuk Diabetes

17 Nopember 2019. "Bari" atau "Baros" dalam bahasa Yunani modern berarti berat badan, beban, obesitas. Pembedahan Bariatrik ditujukan untuk pengobatan obesitas, dan sampai waktu ini ia merupakan satu-satunya cara penurunan berat badan yang efektif dan berkelanjutan bagi mereka yang mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan secara signifikan setelah pembatasan makanan dan olahraga.

Orang yang obesitas biasanya terpengaruh dengan masalah medis seperti diabetes, hipertensi dan kolesterol tinggi. Operasi Bariatrik bukan sahaja untuk obesitas tetapi juga boleh membaiki atau menyembuhkan kondisi yang berhubungan dengan obesitas terutamanya diabetes mellitus.

Jadi, ia lebih dikenali sebagai operasi diabetes pada waktu ini.

Operasi tersebut mempunyai beberapa batasi (mengurangkankonsumsi makanan) dan efek hormonal (perubahan pada hormon tubuh untuk mengurangi penyerapan dan pencernaan makanan). Prosedur standar yang dapat diterima adalah seperti berikut:

Gastrektomi Lengan - Prosedur ini adalah untuk mengecilkan ukuran perut. Ini akan membantu mengurangi porsi makan. Prosedur ini melibatkan pengangkatan sebagian besar lambung dan ini tidak dapat dipulihkan.

Roux-En-Y GastricBypass (RYGB)–Prosedur tersebut akan membuat satu kantong kecil, menjadikan satu ruangan atas dan satu ruangan bawah di dalam lambung. Kemudian usus kecil dibahagi kepada kepanjangan tertentu (biasanya 100cm dari duodenum). Ujung pertama kemudian bergabung ke ruangan atas. Ujung yang kedua akan bergabung dari ruang bawah (perut dan duodenum yang terpisah) ke usus kecil. Prosedur ini tidak melibatkan pengangkatan bagian perut atau usus. Jumlah konsumsi makanan akan berkurang, makanan yang masuk ke lambung akan “memotong jalan” duodenum (bagian pertama dari usus kecil) dan jejunum ke bagian selanjutnya dari usus kecil. Ini akan menunda pencernaan dan penyerapan. Prosedur tersebut adalah prosedur yang restriktif dan malabsorptif.

Gastric Banding yang bisa disesuaikan–Prosedur imi memasukkan balon ke bagian atas lambung. Balon dilampirkan ke port yang ditempatkan di bawah kulit di perut untuk penyesuaian. Pita ini membantu membuat kantong kecil perut yang membatasi jumlah asupan makanan dan menunda masuknya makanan ke dalam perut yang tersisa. Ini akan membantu menciptakan kepenuhan.

Tujuan pembedahanbariatrik adalah untuk penurunan berat badan. Sementara penurunan berat badan, tubuh badan mungkin akan mengalami beberapa perubahan fisiologis yag lain karena pembatasan konsumsi makanan dan perubahan hormon. Bagi mereka yang menderita masalah diabetes, gula darah akan dikontrol secara signifikan.

Namun, dengan penurunan berat badan yang berlebihan, kulit dapat menjadi terkulai dan rambut akan rontok, terutamanya jika tidak banyak makan makanan yang mengandungi protein. Kekurangan vitamin juga dapat terjadi jika tidak ada mengkonsumsi suplemen vitamin.

Halaman
12
Editor: nani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved