DAPAT Keistimewaan, Begini Alur Pengisian Formasi Untuk P1/TL 2018 Seleksi CPNS 2019

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memperbolehkan peserta P1/TL untuk mendaftar dan me

DAPAT Keistimewaan, Begini Alur Pengisian Formasi Untuk P1/TL 2018 Seleksi CPNS 2019
Instagram @bkngoidofficial
Nilai Ambang Batas Passing Grade SKD Berdasar Permenpan-RB Ditetapkan Bareng Pembukaan Pendaftaran CPNS 2019 

TRIBUNJAMBI.COM- Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memperbolehkan peserta P1/TL untuk mendaftar dan mengikuti seleksi CPNS 2019.

Peserta P1/Tl merupakan peserta seleksi penerimaan CPNS 2018 yang nilai Seleksi Kompetensi Bidang (SKD)-nya memenuhi nilai ambang batas serta masuk dalam tiga kali formasi jabatan yang dilamar untuk dapat mengikuti SKB 2018.

Aturan terkait pelamar P1/TL tertuang dalam Peraturan Menteri PAN-RB (Permenpan) Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2019.

Sementara, jika Anda termasuk pelamar P1/TL dan ingin mencoba kesempatan agar menjadi ASN, dapat mengikuti alur pengisian formasi untuk P1/TL 2018.

Berikut rinciannya:

  • Pada portal SSCN, https://sscasn.bkn.go.id, pilih "Instansi". Jika "Instansi" yang dilamar belum tampil dalam daftar tersebut, periksa kembali pengumuman instansi mengenai waktu pembukaan pendaftaran instansi yang akan dilamar.
  • Pilih "Jenis Formasi" sesuai dengan formasi yang dibuka oleh instansi. Pilihan jenis formasi dapat dilihat di pengumuman instansi.
  • Klik "Pilih" dan form isian akan aktif. Pelamar dapat mengubah instansi dan formasi yang dipilih dengan klik "Ulang".
  • Pilih Pendidikan yang sama dengan Pendidikan saat mendaftar di SSCN 2018. Pilih jabatan yang dilamar, untuk jabatan boleh berbeda dengan jabatan yang dilamar sebelumnya saat SSCN 2018.
  • Pelamar yang ingin menggunakan nilai P1/TL Tahun 2018, dapat memilih formasi, jabatan dan instansi yang berbeda dengan tahun 2018, asalkan Tingkat Pendidikan dan Pendidikannya yang sama.

LIGA 2 2019 Grup A Berakhir, Persiraja dan Sriwijaya FC Melenggang ke Semifinal

GEGER Pria Lempar Air Mani ke Perempuan di Pinggir Jalan, Korban Sempat Potret Wajah Pelaku

Warga Tanjab Timur Keluhkan Ketersediaan Air Bersih, Pipa Pamsimas Tak Optimal

  • Jika Anda termasuk peserta P1/TL Tahun 2018, maka akan tampil informasi berupa kolom Pendidikan, Jabatan, Lokasi Formasi, Lokasi Test, Jenis PT, Tanggal Ijazah, Nama PT, Nama Prodi, dan nilai SKD 2018.
  • Pelamar memilih Lokasi Formasi.
  • Pada bagian P1/TL, akan tampil nilai SKD Tahun 2018 dan passing grade SKD jabatan yang dilamar pada SSCN 2019 sebagai perbandingan.
  • Pelamar P1/TL yangt nilai SKD 2018-nya memenuhi passing grade SKD 2019 dapat memilih untuk ikut ujian SKD atau tidak. Jika pelamar memilih ikut ujian tetapi tidak hadir saat ujian berlangsung, maka dinyatakan "gugur". Sementara, pelamar yang memilih ikut ujian, akan diambil nilai SKD yang terbaik. 
  • Jika nilai SKD Tahun 2018 tidak memnuhi passing grade jabatan yang dilamar pada SSCN Tahun 2019, maka pelamar wajib untuk mengikuti SKD 2019.
  • Pilih Lokasi Test; kewenangan ini diberikan instansi jika peserta diperbolehkan memilih lokasi test. Apabila pilihan ini tidak tersedia, maka lokasi test akan ditentukan oleh instansi yang dilamar.
  • Isi IPK sesuai dengan yang tertera pada transkrip nilai.
  • Untuk instansi yang mewajibkan nilai tes Bahasa Inggris, dapat memilih jenis tes berdasarkan persyaratan instansi. Contoh jenis tes Bahasa Inggris yang dapat dipilih oleh pelamar antara lain, TOEFL PBT, TOEFL IBT, IELTS, dan TOEIC.
  • Selanjutnya, isi nomor ijazah, tahun lulus (sesuai dengan yang tercantum di ijazah), jenis perguruan tinggi, tanggal ijazah, nama sekolah, nama universitas/perguruan tinggi, dan nama program studi.

Jika nama prodi yang dipilih sudah terdapat data akreditasinya di BAN-PT, maka data akreditasi akan muncul.

Namun, jika nama prodi tidak terdapat data akreditasinya di BAN-PT, maka pelamar dapat mengisi secara mandiri akreditasi program studinya.

  • Isi kode captcha sesuai dengan gambar yang ditampilkan. Kemudian, klik "Selanjutnya".

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Peserta P1/TL 2018 Dapat Keistimewaan di CPNS 2019?"

Penulis : Retia Kartika Dewi
Editor : Sari Hardiyanto

Editor: rida
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved