Terobosan di Tanjab Timur, Untuk Tingkatkan Minat Baca Warga

Guna meningkatkan minat membaca bagi warga Tanjab Timur, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjab Timur lakukan upaya

Terobosan di Tanjab Timur, Untuk Tingkatkan Minat Baca Warga
tribunjambi/abdullah usman
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjab Timur lakukan upaya dari sektor meningkatkan literasi. 

Terobosan di Tanjab Timur, Untuk Tingkatkan Minat Baca Warga

Laporan Wartawan Tribunjambi.com, Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Guna meningkatkan minat membaca bagi warga Tanjab Timur, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjab Timur lakukan upaya dari sektor meningkatkan literasi.

Dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Daerah, Arman mengatakan saat ini Perpustakaan Kabupaten Tanjung Jabung Timur memiliki koleksi 10.000 judul buku, jumlah buku sebanyak 37.000 exemplar sudah termasuk pengadaan buku tahun 2019.

Ahok BTP Jadi Dirut PLN atau Pertamina? Ini Jawaban Ahok

"Meski demikian animo masyarakat untuk membaca masih kurang, dengan koleksi yang kita miliki saat ini," ujarnya

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjab Timur lakukan upaya dari sektor meningkatkan literasi.
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjab Timur lakukan upaya dari sektor meningkatkan literasi. (tribunjambi/abdullah usman)

Untuk itu upaya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjab Timur menjalankan kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kemenag Tanjab Timur guna meningkatkan minat baca di kalangan pelajar.

Korban Kecelakaan di Bungo Sempat Terseret Minibus 20 Meter Sebelum Meninggal di Lokasi

"Kita memiliki MOU dengan Dinas Pendidikan, Kemenag khusus pelajar, untuk kunjungan rutin di Perpustakaan ini," bilangnya.

Meski kenyataannya MOU tersebut terbilang kurang efektif karena terkendala dengan wilayah sekolah-sekolah yang jauh dari perpustakaan. 

Namun saat ini Kepala Dinas Pendidikan telah menegaskan kepada sekolah khususnya SMP untuk melakukan kunjungan rutin setiap harinya guna menjalankan program tersebut terutama bagi sekolah terdekat.

Ditambahkan Amran, selain kunjungan pelajar terdapat berapa upaya dalam meningkatkan minat baca warga Tanjab Timur seperti Perpustakaan Keliling (Pusling), Mutasi buku, dan lomba-lomba baik tingkat desa maupun provinsi.

Smart Fast Global Education Kantongi Izin Operasional, Beroperasi Sesuai Peraturan

"Kita memiliki Perpustakaan Keliling (Pusling), hari ini berada di mendahara ulu SMP 31 sungai toman. selain itu program mutasi buku setiap 3 bulan sekali baik di perpustakaan sekolah ataupun desa judul buku di tukar akan di ganti dengan judul baru" jelasnya.

Harapannya dewasa ini para pemuda maupun masyarakat tidak meninggalkan buku sebagai gudangnya ilmu. Dengan beralih ke media sosial ataupun android yang menjadi ancaman nyata saat ini.

VIDEO Viral, Aksi Orang Gangguan Jiwa Bantu Ambulans

FOLLOW INSTAGRAM TRIBUN JAMBI:

.

(usn)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved