Nilai Investasi di Provinsi Jambi hingga Triwulan III Mencapai Rp 3,9 Triliun

Realisasi investasi di Provinsi Jambi untuk triwulan ke tiga tahun 2019 ini telah mencapai lebih Rp 7 triliun.

Nilai Investasi di Provinsi Jambi hingga Triwulan III Mencapai Rp 3,9 Triliun
Tribunjambi/Zulkifli
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jambi Imron Rosadi. 

Nilai Investasi di Provinsi Jambi hingga Triwulan III Mencapai Rp 3,9 Triliun

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Realisasi investasi di Provinsi Jambi untuk triwulan ke tiga tahun 2019 ini telah mencapai Rp 3,9 triliun. Hal ini disebutkan oleh Imron Rosadi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jambi, Kamis (13/11).

Imron mengatakan berdasarkan rilis nasional, realisasi investasi nasional triwulan ke tiga tahun 2019 ini naik 2,6 persen dibanding triwulan ke dua tahun 2019. Sedangkan dibandingkan dengan triwulan ke tiga tahun 2018 lalu, realisasi investasi nasional meningkat 12,3 persen.

Khusus untuk Provinsi Jambi, dijelaskan sampai triwulan ke tiga 2019, investasi untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) mencapai Rp 3,279 triliun dengan capaian 330 proyek.

Sekda M Dianto Mundur, Ini Kriteria Pejabat yang Bisa Menggantikanya

Ruang Kelas SDN 212 Kota Jambi Rusak Berat hingga Siswa Mengungsi, DPRD Sebut Dinas Pendidikan Lalai

Empat Desa di Pelepat Bungo Resmi Dialiri Listrik, Warga Sempat Mengeluh Saat Malam

“Penanaman Modal Asing (PMA) sampai triwulan tiga, sebesar USD 43,02 juta dengan jumlah 119 proyek. Jadi total realisasi investasi sampai triwulan ketiga, kalau dirupiahkan mencapai Rp 3,9 triliun. Insyaallah angka ini akan mencapai target RPJMD tahun 2019 sebesar Rp 4,4 triliun,” katanya.

Imron mengatakan, pertumbuhan realisasi investasi yang terjadi saat ini, terbilang cukup baik dan cepat. Dijelaskannya, untuk PMA, penyumbang realisasi investasi tersebut berupa investasi di sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi. “Itu yang paling mendominasi," ujarnya.

Sedangkan PMDN penyumbang terbesar masih didominasi sektor pertanian, perkebunan dan ketahanan pangan. Selanjutnya sektor pertambangan, ketiga sektor industri makanan,” katanya.

Ditanyakan mengenai persentase investasi dari setiap sektor dan nilai dari masing-masing sektor tersebut, Imron mengatakan masih menunggu rilis dari pusat. Saat ini, hanya darta realisasi secara umum saja yang baru dirilis. “Daerah belum dirilis, baru nasional yang rilis,” katanya.

Namun Imron yakni, target realisasi investasi yang telah ditetap untuk tahun 2019 ini, bisa tercapai pada akhir tahun nanti. Apalagi, kondisi Jambi sangat kondusif untuk berinvestasi.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved