Pimpinan Dewan Undang Menteri Pertanian Datang ke Jambi, Ternyata Ini yang Ingin Dibicarakan

Pinto Jayanegara wakil ketua DPRD Provinsi mengundang Menteri Pertanian, Sahrul Yasin Limpo berkunjung ke Jambi.

Pimpinan Dewan Undang Menteri Pertanian Datang ke Jambi, Ternyata Ini yang Ingin Dibicarakan
ist
Fachrori Umar Gubernur Jambi dan Pinto Jayanegara wakil ketua DPRD Provinsi Jambi saat menghadiri peringatan hari pangan sedunia tahun 2019 di provinsi Sulawesi Tenggara. 

Pulang dari Sulawesi, Pimpinan Dewan Undang Menteri Pertanian Datang ke Jambi, Ternyata Ini yang Ingin Dibicarakan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pinto Jayanegara wakil ketua DPRD Provinsi mengundang Menteri Pertanian, Sahrul Yasin Limpo berkunjung ke Jambi.

Pinto Jayanegara, wakil ketua DPRD Provinsi Jambi ikut hadir pada peringatan hari pangan sedunia (HPS) XXXIX tahun 2019 di Provinsi Sulawesi Tenggara. Selain dirinya, Gubernur Jambi, Fachrori Umar juga hadir pada kegiatan tersebut.

Saat dikonfirmasi Tribun (2/11/2019) Pinto menjelaskan bahwa peringatan HPS tersebut, pemerintah pusat telah merancang Indonesia akan menjadi lumbung pangan dunia pada tahun 2045. Beberapa langkah dan gagasan untuk mewujudkan semua itu juga dipaparkan mulai dari fasilitas, teknologi dan wilayah garapan.

Menurut Pinto, idealnya Jambi memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pangannya sendiri. Dan Jambi berpotensi besar untuk ikut serta dalam program pemerintah pusat mewujudkan kedaulatan pangan, sebagai penyumbang devisa negara melalui ekspor produk perkebunan, baik yang masih berupa bahan baku maupun produk olahan.

Puluhan Kader PKK Desa di Sungai Penuh Beradu Kreatif Olah Menu Lokal

24 Tim Siswa SD dan SMP Akan Unjuk Kebolehan di Kejuaran Marching Band Kota Jambi Besok

Fashion Show Rainbow Management Ramikan Acara Yamaha Maxi Exhibition 2019

"Provinsi Jambi memiliki potensi besar untuk ikut dalam program pemerintah guna mewujudkan kedaulatan pangan," kata Pinto.

Selain itu, garapan sektor pertanian tersebut sebagai sumber mata pencaharian utama bagi petani dan penyedia lapangan pekerjaan di sektor hulu hingga hilirnya.

"Langkah nyatanya melalui program peningkatan produksi, produktivitas dan mutu produk pertanian untuk memenuhi kebutuhan pasar provinsi, dalam negeri, dan juga ekspor. Kalau bisa Jambi jangan ada impor lagi," ujarnya.

Untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut, dirinya menilai bahwa pengelolaan pertanian harus lebih modern. Penggunaan teknologi pertanian sudah harus diterapkan.

"Karena itu, kita harus menggunakan teknologi pertanian yang modern, seperti mekanisasi namun tidak meninggalkan nilai kearifan lokal," katanya.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Fachrori Umar, Gubernur Jambi. Ada juga Gubernur Kaltara dan Sulteng.

"Mentan komit akan membantu penuh bagi provinsi yang serius ingin memajukan pertaniannya," katanya.

Pinto Jayanegara juga mengatakan bahwa dirinya juga menyatakan di depan Mentan bahwa Jambi sangat mendukung program program peningkatan kualitas pangan dan juga ingin dapat meningkatkan produktivitas, inovasi serta kualitas pertanian dan petani itu sendiri.

Lalu, di satu kesempatan, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi juga mengundang Mentan untuk segera datang ke Jambi. "Pak Mentan, menjawab bahwa dirinya akan segera ke Jambi," kata Pinto. (Hendri Dunan Naris)

Penulis: dunan
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved