Info BPJS Kesehatan

Gathering PRB-Prolanis Se-Kota Jambi, Mendekatkan Layanan Kesehatan untuk Peserta JKN-KIS

Gathering PRB-Prolanis Se-Kota Jambi, Mendekatkan Layanan Kesehatan untuk Peserta JKN-KIS

Gathering PRB-Prolanis Se-Kota Jambi, Mendekatkan Layanan Kesehatan untuk Peserta JKN-KIS
Istimewa
BPJS Kesehatan Cabang Jambi mengadakan kegiatan Gathering PRB-Prolanis sewilayah Kota Jambi (14/10). 

Gathering PRB-Prolanis Se-Kota Jambi, Mendekatkan Layanan Kesehatan untuk Peserta JKN-KIS

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sebagai badan hukum publik penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan membutuhkan dukungan dan bantuan dari mitra atau Fasilitas Kesehatan (Faskes) Provider, dalam hal ini adalah Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang memberikan pelayanan kesehatan bagi Peserta JKN-KIS.

Bentuk dukungan yang dibutuhkan misalnya adalah pada Program Rujuk Balik (PRB) di FKRTL yang berlandaskan pada SE No. 63 Tahun 2018.

Demi pelaksanaan program rujuk balik yang optimal di wilayah Kota Jambi, dalam memberikan pelayanan serta menyediakan obat bagi peserta rujuk balik yang terdaftar pada fasilitas kesehatan khususnya milik pemerintah, sehingga peserta program rujuk balik tersebut tidak lagi mengalami kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan obat sesuai kebutuhannya.

BPJS Kesehatan Cabang Jambi mengadakan kegiatan Gathering PRB-Prolanis sewilayah Kota Jambi (14/10).
BPJS Kesehatan Cabang Jambi mengadakan kegiatan Gathering PRB-Prolanis sewilayah Kota Jambi (14/10). (Istimewa)

BPJS Kesehatan Cabang Jambi mengadakan kegiatan Gathering PRB-Prolanis sewilayah Kota Jambi (14/10).

Mengambil tempat di ruang pertemuan salah satu hotel di Jambi, kegiatan gathering yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas dan Klinik se-Kota Jambi, serta PIC Puskesmas dan klinik, PIC PRB-Prolanis Rumah Sakit di wilayah Kota Jambi, serta PIPP Rumah Sakit memiliki tujuan untuk menyukseskan Program Promotif Preventif yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui perilaku hidup yang lebih sehat sehingga terhindar dari berbagai risiko penyakit yang mana salah satu bentuk Promotif Preventif yang telah dijalankan, yaitu dengan membentuk Klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis.

Rizki Lestari selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi, dalam sambutannya menyampaikan, “Sampai dengan September 2019 tercatat sebesar 21.584 peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-KIS merupakan peserta Program Rujuk Balik aktif di wilayah kerja Kantor Cabang Jambi,"

"Itu dengan jumlah sebaran sebanyak 1.693 peserta di wilayah Kabupaten Batanghari, 1.923 di Kabupaten Muaro Jambi, 715 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta 529 pada Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan sebesar 16.724 peserta program rujuk balik di wilayah Kota Jambi,” tuturnya.

“Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasama yang baik dari Pemerintah Kota Jambi, Dinas Kesehatan Kota Jambi dan puskesmas serta pihak rumah sakit yang berada di wilayah Kota Jambi, sehingga pelaksanaan Program Rujuk Balik dan Pengelolaan penyakit kronis yang dilaksanakan dapat berjalan baik dengan pencapaian jumlah peserta yang maksimal,” tambah Rizki.

Disampaikan juga, di Kota Jambi tercatat bahwa terdapat 7 aApotek Rujuk Balik yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Jambi. "Yang kemudian ke depan kita sudah mengadakan kesepakatan bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dalam hal pemanfaatan ruang farmasi di Puskesmas untuk menyediakan obat bagi peserta rujuk balik, sehingga peserta memiliki kemudahan dalam mengambil obat sesuai kebutuhannya," katanya.

Dalam kesempatan ini juga, BPJS Kesehatan memberikan penghargaan kepada rumah sakit dengan capaian rekrutmen peserta rujuk balik terbesar.

FKTP dengan jumlah peserta rujuk balik aktif terbanyak dan petugas PIPP rumah sakit paling tanggap dan kooperatif terhadap peserta JKN-KIS.

Drg. Sari Purwahyuningsih yang didaulat menjadi Petugas PIPP Rumah Sakit paling tanggap dan kooperatif, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan Gathering PRB dan Prolanis BPJS Kesehatan ini, beliau menilai penghargaan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan menambah semangat beliau dalam melayani peserta Program JKN-KIS.

“Kegiatan BPJS Kesehatan kali ini benar benar menarik, tidak hanya memberikan pemahaman lebih lanjut tentang kondisi pasien program rujuk balik melalui mentoring spesialis, BPJS Kesehatan juga menghadirkan games games seru yang menambah keakraban sesama tenaga kesehatan baik yang berada di puskesmas dengan petugas/ tenaga kesehatan yang berada di rumah sakit. Pokoknya acara hari ini benar benar seru dan bermanfaat,” ujar Sari. (adv)

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved