Berita Jambi

80 Ton Kopi Kerinci dan Jangkat, Merangin, Tahun Ini Akan Diekspor Ke Belgia, Ini Jenis Kopinya

80 Ton Kopi Kerinci dan Jangkat, Merangin, Tahun Ini Akan Diekspor Ke Belgia, Ini Jenis Kopinya

80 Ton Kopi Kerinci dan Jangkat, Merangin, Tahun Ini Akan Diekspor Ke Belgia, Ini Jenis Kopinya
Tribunjambi/Zulkifli
Pejabat Permprov Jambi menyambut tamu dari Belgia. 80 Ton Kopi Kerinci dan Jangkat, Merangin, Tahun Ini Akan Diekspor Ke Belgia, Ini Jenis Kopinya 

80 Ton Kopi Kerinci dan Jangkat, Merangin, Tahun Ini Akan Diekspor Ke Belgia, Ini Jenis Kopinya

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sebanyak 80 ton Kopi Kerinci dan Kopi Jangkat (Kabupaten Merangin) akan diekspor ke Belgia.

Hal itu diungkapkan Sekda Provinsi Jambi M. Dianto, usai menyambut kedatangan tamu dari Belgia di VIP Room Bandara Sultan Thaha Syaifudin Jambi, Jumat (11/10/2019).

Pihak Kedutaan Besar Belgia yang datang ke Provinsi Jambi adalah Mr.Giullaume Gossens, didampingi oleh beberapa orang dari kementerian dan instansi terkait dari Pemerintah Indonesia.

Sekda manyatakan, Tim Bergia ini ada LSM, namanya Rikolto, yang selama kurang lebih tiga tahun ini, membina petani kopi, terutama di Kayu Aro, Kabupaten Kerinci dan di Jangkat, Kabupaten Merangin.

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, BI Siap Bekerjasama Dukung Potensi Jambi, Bukan Cuma Kopi

PTPN VI Paparkan Strategi Tanam Kopi untuk Penuhi Pangsa Pasar Jambi

Desa Rantau Kermas di Jangkat, Provinsi Jambi Dapat Kalpataru, Gunakan Hukum Adat Untuk Konservasi

“Setelah tiga tahun mereka membina petani di Kayu Aro, yakni Petani Kerinci Barokah. Alhamdulillah berkat pembinaan tersebut, petani kita di Kerinci yang memproduksi Kopi Arabika dan petani kita di Jangkat yang memproduksi Kopi Robusta, alhamdulillah, kualitasnya bagus. Pernah ikut perlombaan ternyata dinilai yang terbaik pada saat mengikuti event perlombaan,” kata Sekda.

“Oleh karena itulah, kopi di Kerinci ini akhirnya dipromosikan oleh LSM yang bekerjasama dengan Pemerintah Belgia ini, dan berkat kerjasama dengan LSM Rikolto, Pemerintah Belgia, dudukung oleh dinas-dinas kita, Dinas Perkebunan, Dinas Perindag, juga dengan Bank Indonesia, akhirnya mereka datang ke Jambi, dan nanti malam mereka akan mengekspose, membawa pembeli langsung dari Belgia ke Provinsi Jambi, dan besok mereka berada di Kabupaten Kerinci," lanjut Sekda.

Rekor Muri
Rekor Muri "Seduh Kopi Terbanyak dari Tiga Jenis Kopi" dibuat di Jambi. Pemecahan rekor itu saat acara International Coffee Day 2019 di Jambi, 1-4 Oktober 2019. (Tribun Jambi/Aldino) fsfs (Tribun Jambi/Aldino)

Selama kunjungan ini nanti, lanjut Sekda, tim dari Belgia akan mengunjungi tempat-tempat perkebunan kopi dan kebun kayu manis.

“Mereka akan membeli hasil perkebunan, dan Insya Allah khusus untuk kopi saja, tahun ini mereka akan membeli dengan total lebih kurang 80 ton. Kalau ini nanti terus terjembatani, mudah-mudahan potensi kita yang lebih kurang 300 ton itu, bisa nanti juga kita jual ke buyer dari Eropa. Kalau harga sudah level kelas Eropa, mudah-mudahan kesejahteraan petani kita akan meningkat,” terang Sekda.

Sekda mengajak Pemerintah Kabupaten melalui OPD terkait membina petani untuk menjaga kualitas kopi, misalnya ketika panen warna kopi harus berbuh merah.

Halaman
12
Penulis: Zulkifli
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved