Breaking News:

Advertorial

PTPN VI Paparkan Strategi Tanam Kopi untuk Penuhi Pangsa Pasar Jambi

Dirut PTPN VI, Berlino Mahendra Santosa, mengatakan bahwa sekitar 500 hektare telah ditanami kopi..

Editor: Edmundus Duanto AS
Istimewa
PTPN VI Paparkan Strategi Tanam Kopi untuk Penuhi Pangsa Pasar Jambi 

PTPN VI Paparkan Strategi Tanam Kopi untuk Penuhi Pangsa Pasar Jambi

TRIBUNJAMBI.COM - Kebutuhan akan kopi di Provinsi Jambi yang terus meningkat, menjadi pilihan Direksi PTPN VI untuk mencoba memanfaatkan sebagian lahannya dengan tanaman kopi.

Strategi itu dilakukan tanpa meninggalkan tanaman teh sebagai produk unggulan.

Dirut PTPN VI, Berlino Mahendra Santosa, mengatakan bahwa sekitar 500 hektare telah ditanami kopi.

"Dimana saat ini 300 Ha lahan telah menghasilkan biji kopi sebanyak 600 Kg/Ha/tahun," ungkap Berlino.

Selasa (1/10) saat menghadiri pembukaan Kopi internasional di RCC kota jambi.

“Ada tiga varitas kopi yang ditanam, yakni jenis kopi arabika andungsari, arabika segalarutan, dan arabika komasti, karena varitas ini sesuai dengan ketinggian permukaan tanah diatas 1.000 – 1.500 m pdl.”ujar Berlino

Tahun depan PTPN VI ditargetkan tanaman kopi ini bisa menghasilkan 1-1,5 ton/Ha/tahun, mengingat usia tanaman sudah mulai produktif.

Kopi arabika dari kabupaten kerinci ini sebetulnya telah diakui kualitasnya, dimana 80 persen hasilnya dipasarkan keluar provinsi jambi.

Kabupaten kerinci yang berada diatas 1.500 m pdl sangat cocok untuk tanaman kopi jenis arabika yang harga jualnya sangat tinggi, tentu menjadi tugas bersama untuk memperdayakan para petani kopi.

"PTPN VI rencananya akan memperluas lahan tanaman kopi sebanyak 1000 Ha, sebagaimana untuk memberikan nilai tambah bagi perusahaan." ungkap Direktur

“kita mencoba meyakinkan kepala daerah, pemanfaatan 1000 Ha ini tidak mengganggu produksi teh yang telah diakui di dunia." Ungkapnya lagi

"Bila tanaman kopi ini produksinya bisa diatas 1,5 ton/ha akan dikemas dan dipasarkan dengan mengusung merk kayu aro sehingga mempunyai nilai jual tinggi." tutup Dirut PTPN VI.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved