KPU Tanjab Timur Siap Mulai Tahapan Pilkada Serentak, Berikut Jadwal Pendaftaran hingga Pemilihan

Tahapan Pilkada Tanjabtim tahun 2020 mendatang, sudah dimulai sejak penanda tanganan NPHD.

KPU Tanjab Timur Siap Mulai Tahapan Pilkada Serentak, Berikut Jadwal Pendaftaran hingga Pemilihan

TRIBUNJMABI.COM, MUARA SABAK - Setelah penandatangan kesepakatan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara KPU dan Pemkab Tanjab Timur, KPU siap mulai tahapan Pilkada serentak, Senin (7/10).

Dikatakan Ketua KPU Tanjab Timur, Nurkholis saat dikonfirmasi mengatakan, tahapan pelaksanaan Pilkada di Tanjabtim mengacu dan berdasarkan pada Peraturan KPU RI Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Untuk tahapan Pilkada Tanjabtim tahun 2020 mendatang, sudah dimulai sejak penanda tanganan NPHD," ujarnya.

Dijelaskannya, untuk pengumuman syarat dukungan pendaftaran bagi calon perseorangan dimulai tanggal 26 Oktober 2019 - 08 Desember 2019. Berdasarkan Peraturan KPU dukungan perseorangan tersebut, 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Baca: Kejar Pembayar PBB, Pemkot Jambi Lakukan Pendataan Ulang di 5 Kecamatan Ini

Baca: Arif Ditangkap Polisi Saat Kabur ke Batam, Bunuh Sepupu Gara-gara Celana

Baca: Setengah Tahun Gaji Macet, Gaji Petugas Damkar Kerinci akan Segera Cair

"Artinya, syarat dukungan perseorang yang mendaftar harus sebanyak 168.575 KTP," sebutnya.

Sementara untuk tahap penyerahan persyaratannya dimulai pada tanggal 11 Desember 2019 - 05 Maret 2020. Kemudian pada bulan Mei penyampaian syarat dukungan.

"Selanjutnya pada bulan Juni pendaftaran pasangan calon, yang mana pada bulan Juli akan ditetapkan calon yang akan mengikuti Pilkada serentak tahun 2020," ungkapnya.

Dikatakannya pula untuk pelaksanaan hari pencoblosan Pilkada serentak di Kabupaten Tanjabtim sendiri dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020 mendatang.

Nurkholis berharap semoga Pilkada serentak di Kabupaten Tanjabtim berlangsung aman.

"Harapan kami KPU, semoga dari tahapan hingga hari pelaksanaan pencoblosan Pilkada nanti, semuanya berjalan dengan lancar dan aman," harapnya.

Untuk diketahui, setelah NPHD yang telah disepakati atau ditandatangani antara KPU dan Pemkab Tanjabtim untuk Pilkada serentak di Kabupaten Tanjabtim senilai Rp 17,5 Miliar.(usn)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved