Jatah Sosialiasi Pilkada Cuma Dua Bulan, Mulai Dilaksanakan Juli 2020

Bagi para kandidat yang ingin maju bertarung di Pilkada serentak 2020 mendatang, harus sudah tekan gas sejak sekarang.

Jatah Sosialiasi Pilkada Cuma Dua Bulan, Mulai Dilaksanakan Juli 2020
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 

JAMBI, TRIBUN - Bagi para kandidat yang ingin maju bertarung di Pilkada serentak 2020 mendatang, harus sudah tekan gas sejak sekarang. Sebab, regulasi terbaru, jadwal kampanye bagi mereka sangat sedikit. 

Berdasarkan PKPU 15 tahun 2019, pasangan calon hanya diberi waktu kampanye dari 11 Juli hingga 19 September 2020. Mereka hanya mendapatkan jatah bersosialisasi selama dua bulan lebih atau 71 hari.

“Kalau berkaca pada PKPU terbaru, masa kampanye memang lebih singkat. Hanya dua bulan lebih," ujarnya, M. Sanusi, Komisioner KPU Provinsi Jambi, beberapa hari lalu.

Hal ini berbeda bila dibandingkan dengan Pilkada sebelumnya. Sanusi, mengatakan masa kampanye pilkada sebelumnya diberikan ruang lebih pajang.

Pilkada 2018 misalnya, KPU memfasilitasi kampanye pasangan calon kepala daerah dari 15 Februari-23 Juni 2018.  

“Pada Pilkada lalu, masa kampanye itu sekitar lima bulan lebih. Itu sesuai dengan PKPU nomor 1 tahun 2017,” katanya.

Mantan Ketua KPU Batanghari ini mengakui bahwa dalam tahapan kampanye yang singkat tersebut, tidak jauh berubah dengan sebelumnya. Ada  pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga dan kegiatan lainnya.

“Debat publik atau debat terbuka antar pasangan calon masih ada. Begitu juga dengan kampanye melalui media massa, cetak dan elektronik,” ucapnya.

Hanya saja untuk teknis pelaksanaan kampanye, sebut Sanusi, masih menunggu PKPU terbaru dari KPU RI. Dalam PKPU itu, akan diatur secara spesifik apa-apa saja yang menjadi hak mapun yang tidak boleh dilakukan pasangan calon. 

“Untuk sekarang kita masih dalam masa tahap persiapan,”ungkapnya. (dun)

Editor: awang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved