Berita Sarolangun

Sebelik Sumpah, Perhiasan SAD, Masuk 4 besar API, Sarolangun Butuh SMS Masarakat Jambi

Sebelik Sumpah, Perhiasan SAD, Masuk 4 besar API, Sarolangun Butuh SMS Masarakat Jambi

Sebelik Sumpah, Perhiasan SAD, Masuk 4 besar API, Sarolangun Butuh SMS Masarakat Jambi
Tribunjambi/Wahyu Herliyanto
Sebelik Sumpah, Perhiasan SAD, Masuk 4 Besar API, Sarolangun Butuh SMS Masarakat Jambi. Bupati menerima dan dipakaikan kalung sebelik sumpah dari SAD. 

Sebelik Sumpah, Perhiasan SAD, Masuk 4 besar API, Sarolangun Butuh SMS Masarakat Jambi

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Perhiasan yang berasal dari Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi, yaitu kalung atau gelang khas Suku Anak Dalam (SAD), masuk nomine dalam Anugrah Pesona Indonesia (API) Tahun 2019 untuk kategori cindera mata.

Kalung yang dinamai Sebelik Sumpah ini, menjadi ciri khas SAD dalam kehidupannya sehari-hari.

“Kalung sebelik sumpah khas warga suku anak dalam di Air Hitam, masuk nominasi kategori cindera mata dalam anugrah pesona indonesia (API),” ungkap kepala Disparpora Sarolangun, Idrus. Minggu (6/10/2019).

Sebelik Sumpah, Perhiasan khas suku anak dalam, di Kecamatan Air Hitam, Sarolangun
Sebelik Sumpah, Perhiasan khas suku anak dalam, di Kecamatan Air Hitam, Sarolangun (Tribunjambi/Wahyu Herliyanto)

Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap Pariwisata Indonesia.

Disamping itu, penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

Dalam kategori tersebut diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se Indonesia, dengan membawa ciri khas masing masing daerah.

Baca: Tahun 2020 Pemkab Sarolangun Berikan Lahan 5 Hektar untuk Usaha & Anggarkan Rp 5 Juta untuk Ponpes

Baca: 8 Suku Anak Dalam di Sumsel Bersekolah di Jambi, Baim Ingin Jadi TNI

Baca: Kabar Gembira Untuk Pelamar ASN di Batanghari, Akhir Oktober Dimulai Seleksi Administrasi

Menurut Idrus, Kabupaten Sarolangun telah mengajukan banyak khas dari daerah. Namun, dari sekian banyak khas tersebut, hanya sebelik sumpah yang masuk dalam nomine nasional.

"Saat itu kami ajukan banyak khas milik daerah kita, tapidari sekian banyak yang kami ajukan alhamdulillah kalung sebelik sumpah masuk,” terang Idrus.

Dengan rasa syukurnya, Kabupaten Sarolangun masuk dalam kategori "Cindera Mata Terpopuler".

Ia berharap agar seluruh masyarakat Sarolangun dan Provinsi Jambi mendukung Kabupaten Sarolangun untuk meraih juara dalam nomine tersebut.

Katanya dengan cara mengetik API 6H kirim ke 99386 melalui SMS sebanyak banyaknya.

Sebab katanya, kalung Sebelik Sumpah ciri khas SAD yang terbuat dari biji dari buah pohon sebelik sumpah yang terdapat di Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) itu sudah berada dalam peringkat lima besar, yaitu diposisi 4 dengan Perolehan 11.72%.

“Pemberian anugerah bulan November 2019. Poling sms akan ditutup 30 Okt 2019, kita saat ini masih posisi 4 besar, makanya kita minta dukungan masyarakat sarolangun dan jambi untuk mengirim sms sebanyak- banyaknya dengan cara Ketik API 6H kirim ke 99386," ujarnya.

Sebelik Sumpah, Perhiasan SAD, Masuk 4 Besar API, Sarolangun Butuh SMS Masarakat Jambi (Wahyu Herliyanto/Tribunjambi.com)

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved