Karhutla di Jambi

Sudah Ada Warga Kumpeh Mengungsi karena Kabut Asap, Begini Kondisi Sore Ini

Lisa, warga Desa Pematang Raman, Kecamatan Kumpeh Ilir, mengatakan bahwa kondisi ini sangat jauh berbeda di hari-hari sebelumnya.

Sudah Ada Warga Kumpeh Mengungsi karena Kabut Asap, Begini Kondisi Sore Ini
Tribun Jambi/Samsul Bahri
Kondisi udara di Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Sabtu (22/9) pukul 15.30. 

Sudah Ada Warga Kumpeh Mengungsi karena Kabut Asap, Begini Kondisi Sore Ini

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Berikut ini update kondisi kabut asap di Kabupaten Muarojambi terbilang cukup parah pada Sabtu (20/9).

Kondisi di wilayah Kecamatan Kumpeh Ilir mencekam. Suasana seperti menjelang malam, meskipun sebenarnya masih siang.

Sejumlah desa di Kecamatan Kumpeh Ilir merasakan kondisi malam pada siang hari.

Lisa, warga Desa Pematang Raman, Kecamatan Kumpeh Ilir, mengatakan bahwa kondisi ini sangat jauh berbeda di hari-hari sebelumnya.

"Kondisi sekarang (langit) masih memerah dari jam 10-an pagi tadi. Tadi pagi sudah sedikit cerah malah sinar matahari sudah mulai nyinar, dak kek sebelumnyo. Tapi sekitar jam 10 lewat kalo mulai parah lagi cuacanya sampai sekarang," terangnya.

 VIDEO: Viral Ular Berkaki, Panji Petualang Jelaskan Fakta Sebenarnya, Benarkah Kobra?

 VIDEO: Kenalan Duta GenRe Provinsi Jambi 2019, Putri Lestari Kasih Tahu Rahasia Sehat Produktif

 VIDEO: Kondisi Terkini Setelah 5 Hari Jalani Tapa Pendem, Liang Kubur Mbah Pani Dibongkar

 AYO Buruan, 6 Jalur Khusus Penerimaan CPNS 2019, Peluang Lulus Lebih Besar, Penuhi Syaratnya

Ia menyebutkan bahwa pada hari ini di daerah pematang raman ada lahan yang terbakar. Sementara itu, di daerah Betung Ia juga menyebutkan ada lahan perusahaan yang juga terbakar.

"Iya ada tadi siang di PT terbakar lahannya. Disini pematang raman juga tadi ada lahan terbakar. Kabar nya tadi sudah kurang api nya di Pematang Raman ini, kalo sekarang dak tau kabar nya,"katanya

Kondisi kabut asap yang menebal hingga membuat kondisi daerah tersebut memerah dan seperti malam membuat warga tidak berani untuk beraktivitas keluar. Kondisi ini dikatakan Lisa baru kali ini terjadi, bahkan kendaraan motor atau lainnya sangat jarang terdengar.

"Semua orang dk ad yg berani keluar rumah jangan kan keluar pintu rumah be tutup rapat terus setiap hari. Kalo keluar yo wajib make masker sama kacamata,, disini kalo masih pagi asap nya tebal cuaca nya dak semerah itu,, kalo sudah mau siang udara nya ngurang cuaca nya yang kayak api,"ucapnya

Bahkan untuk mengurangi kondisi kabut asap, selama 24 jam warga sekitar menggunakan kipas angin untuk mengurangi asap masuk ke dalam rumah.

Kondisi udara di  Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Sabtu (22/9) pukul 15.30.
Kondisi udara di Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Sabtu (22/9) pukul 15.30. (Tribun Jambi/Samsul Bahri)

"kalo waktu hari normal dulu malah setiap hari panas nauzubillah. Kalo sekarang malah gak lagi cuma sesak nafas kipas 24 jam hidup biar asap nya keluar yang masuk rumah," sebutnya

Bahkan Ia mengungkapkan sudah ada warga yang mengungsi ke tempat yang lebih aman. Bahkan menurutnya jika memang ada tempat yang disediakan untuk mengungsi. Masyarakat lebih baik mengungsi, terlebih masyarakat yang memiliki anak kecil.

"Kalo ado tempat ngungsi mungkin lah pindah galo orang sini ketempat yang lebih aman,, ini be orang banyak yang ngungsi walaupun ado asap jugo tempat pengungsian setidak nya cuaca dak semerah ini. Kasian anak kecil nafasnyo," ungkapnya

"Harapan nyo semoga biso normal seperti biasa supaya bisa aktivitas seperti biasa,, orang-orang yang nekat bakar lahan cepat ketangkap nya karena banyak imbas nya dari kebakaran ini. Kalo sampe lahan PT dan masyarakat habis terbakar maka 90% didaerah ini kehilangan mata pencarian nya karna banyak yang bekerja di PT dan berkebun," pungkasnya. (Samsul Bahri / Tribunjambi.com)

 Toyota Luncurkan New Calya di Jambi, Intip Fitur-fitur Terbarunya, Lebih Agresif dan Dinamis

 Asyiiik Singkirkan Caleg Terpilih, Mulan Jameela Bakal Dilantik Jadi Anggota DPR RI

 WIKIJAMBI - Berbagi Kebahagiaan dengan Ribuan Kelelawar di Pulau Kelelawar Nan Eksotis di Kerinci

Penulis: samsul
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved