Tak Lagi Sekedar Keliling Kampung, Linmas Diharapkan Antisipasi Terjadinya Konflik

Sebagai garda terdepan saat menangani keamanan masyarakat, Pol PP dan Damkar bersama OPD terkait menggelar pelatihan

Tak Lagi Sekedar Keliling Kampung, Linmas Diharapkan Antisipasi Terjadinya Konflik
Tribunjambi/Abdullah Usman
Hidupkan Peran Linmas, Satpol PP dan Damkar Tanjab Timur, Beri Pelatihan 36 Anggota Linmas 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Sebagai garda terdepan saat menangani keamanan masyarakat, Pol PP dan Damkar bersama OPD terkait menggelar pelatihan dan pendidikan dasar bagi perlindungan masyarakat (Linmas), Jumat (6/9).

Pelatihan kecakapan, kemampuan dan pemahaman dalam melakukan penanganan awal dan antisipasi terjadinya konflik dalam masyarakat, dilakukan selama dua hari bertempat di Kantor Camat Kuala Jambi.

Dikatakan Kasat Pol PP dan Damkar Tanjab Timur, Hendri usai memberikan materi saat pelatihan pelatihan kepada 36 anggota linmas ini bertujuan untuk menghidupkan kembali peran linmas di masyarakat.

“Untuk itu, dalam pelatihan ini menghadirkan pembicara dari lintas instansi yang sangat berguna bagi anggota linmas dalam menjalankan tugas di lapangan, diantaranya, dari Kesbangpol, TNI, Bpbd, Damkar dan instansi lainnya,” ujarnya.

Selain itu juga harapannya dapat mengubah stigma masyarakat terkait linmas tersebut. Bahwa peran mereka tidak lagi sebagai hansip keliling kampung melainkan peran mereka lebih besar dari itu, selain menjaga juga mengantisipasi terjadinya konflik sedini mungkin.

"Jadi linmas bukan seperti pada umumnya saja, namun mereka memiliki peran dan tanggung jawab vital dalam sebuah masyarakat," jelas Hendri.

Dalam pelatihan ini pula, selain pembekalan kepada anggota linmas, juga kedepan kita akan melakukan pelatihan khusus kepada kepala satuannya yaitu lurah dan kepala desa.

"Intinya kegiatan ini untuk memberikan pemahaman terutama kesiapsiagaan linmas dalam mengatasi, penaganan dini permasalahan di wilayahnya," jelsnya.

Selain anggota Linmas, kepala desa juga perlu diberikan pembekalan. Ke depan juga akan ada bidang tersendiri di Dinas Pol PP dan Damkar untuk Linmas yaitu bidang Linmas.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved