Kamu Harus Coba, Dosen Unja Ini Berhasil Buat Nata De Coco dari Tauge Sebagai Sumber Nitrogennya

Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku arenarenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya

Kamu Harus Coba, Dosen Unja Ini Berhasil Buat Nata De Coco dari Tauge Sebagai Sumber Nitrogennya
istimewa
Nata De Coco 

TAUGE SEBAGAI SUMBER NITROGEN PADA PEMBUATAN NATA DE COCO

JAMBI, TRIBUNJAMBI.COM- Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku arenarenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna karena tamanan ini mulai dari ujung daun hingga ujung akar bermanfaat semua.

Terutama buah kelapa yang sangat berkhasiat untuk kesehatan.

Diantaranya, digunakan untuk mengobati keracunan, mengobati berbagai macam penyakit, yakni TBC, wasir, luka bernanah, dan gangguan kelelakian.

Di Indonesia, air kelapa digunakan sebagai minuman (air kelapa muda) dan media pembuatan nata de coco.

Nata de coco atau lebih dikenal lagi sebagai sari kelapa adalah jenis bahan makanan dan atau bahan minuman yang diolah dari bahan dasar air kelapa dengan ditambahkan komposisi tertentu dan diproses dengan menggunakan bakteri yang disebut acetobacter cyllinum atau lebih spesifik lagi disebut sebagai proses fermentasi.

Pengabdian Dosen Unja, Buat Nata De Coco dari Tauge Sebagai Sumber Nitrogen
Pengabdian Dosen Unja, Buat Nata De Coco dari Tauge Sebagai Sumber Nitrogen (Istimewa)

Manfaat Nata e Coco antara lain karena nata de coco merupakan salah satu produk olahan air kelapa yang memiliki kandungan serat tinggi dan kandungan kalori rendah sehingga cocok untuk makanan diet dan baik untuk sistim pencernaan serta tidak mengandung kolesterol.

Sehingga nata de coco mulai popular di kalangan masyarakat yang memiliki kesadaran tinggi dan perhatian terhadap kesehatan dirinya.

Seiring dengan perubahan pola pikir masyarakat yang cenderung kembali ke alammaka terus dikembangkan sumber nitrogen alami yang dapat digunakan untuk membuat nata.

Kacang –kacangan merupakan sumber proteinyang baik dengankandungan berkisar antara 20 –35 %.Kacang –kacangan juga mengandung senyawa lain sepertimineral, vitamin B1, B2, B3, karbohidrat dan serat (Rukmana, 1997).

Halaman
12
Penulis: rida
Editor: rida
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved