Viral Puluhan Hiu Naik ke Tepi Pantai Kawasan Kisata Nusa Dua Bali, Ancam Keselamatan Turis

Gerombolan ikan hiu jenis Blacktip terlihat di perairan pantai Pulau Peninsula, kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, dalam beberapa hari terakhir.

Viral Puluhan Hiu Naik ke Tepi Pantai Kawasan Kisata Nusa Dua Bali, Ancam Keselamatan Turis
Istimewa
ILUSTRASI 

TRIBUNJAMBI.COM- Gerombolan ikan hiu jenis Blacktip terlihat di perairan pantai Pulau Peninsula, kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, dalam beberapa hari terakhir.

Munculnya ikan hiu-ikan hiu ini disebut alamiah dan tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Suko Wardono mengatakan, munculnya ikan hiu hingga ke tepian karena mengikuti mangsanya.

Kebetulan di wilayah perairan tersebut sedang musim ikan yang menjadi mangsa ikan hiu. Ikan-ikan tersebut di antaranya pelagis, tongkol, kembung, dan lemuru.

"Itu ceritanya dari pengalaman masyarakat nelayan memang sedang musim ikan yang dijadikan makanan ikan hiu. Jadi ikan hiu mendatanginya," kata Suko, saat dihubungi, Kamis (22/8/2019).

Ia meminta kepada masyarakat untuk tak mendekatinya ikan hiu yang muncul di kawasan itu. Sebab, ikan hiu tetaplah binatang liar yang bisa saja menjadi buas.

"Jangan terlalu didekati. Ikan ikan hiu kan buas. Kalau ada yang besar tentu membahayakan. Karena semakin besar semakin buas," kata dia.

Sementara itu, Pariama Hotasoit, penyelam dari Nusa Dua Reef Foundation (NDRF) mengatakan, sudah seminggu terakhir melihat kawanan ikan hiu tersebut.

Ia mulanya tahu dari video yang sempat viral dari sejumlah media sosial di Bali.

"Saya sendiri dapat kabarnya beberapa hari yang lalu lewat video yang disebar luaskan. Saya tidak tahu pasti jumlahnya berapa, tetapi banyak dan menurut laporan masyarakat yang saya jumpai sekitar 60 dan 70 katanya, tapi tentu saja itu harus dibuktikan," kata dia.

Halaman
12
Editor: andika arnoldy
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved