Anggaran Kesbangpol Turun, Ini Dampak pada Ormas di Jambi

Turunnya rasionalisasi anggaran di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jambi tahun 2019 berimbas pada Ormas di Jambi.

Anggaran Kesbangpol Turun, Ini Dampak pada Ormas di Jambi

TRIBUNJANBI.COM, JAMBI - Turunnya rasionalisasi anggaran di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jambi tahun 2019 ini membuat pelaksanaan kerjasama dengan organisasi politik kemasyarakatan (Ormas) menjadi berkurang 20 Ormas saja.

Kepala bidang fasilitasi Ormas dan lembaga perwakilan Kesbangpol Provinsi Jambi Beny Suriaman mengatakan hal itu menurun dalam beberapa tahun belakang.

"Ini turun sejak tahun 2017 dimana ada 39 Ormas, ditahun 2018 30 Ormas dan tahun 2019 ini lebih kecil menjadi 20 Ormas," ujarnya, Kamis (22/8).

Beny menyebut, dari 20 Ormas itu dianggarkan dana keseluruhan sebanyak Rp 600 juta. "Untuk satu Ormas dibantu dengan anggaran Rp 30 juta. Tidak ada beda dengan anggaran di tahun lalu per ormasnya, asal mereka melaksanakan sesuai AD-ART masing-masing," bebernya.

Baca: Salat Istisqa, Gubernur Jambi Ajak Masyarakat Introspeksi Diri

Baca: 4 Hari Hilang, Uwak Utar Ditemukan Tak Bernyawa di Perairan Pangkal Babu

Baca: Peringatan Dini BMKG Besok Jumat 23 Agustus: Cuaca Buruk dan Gelombang Tinggi Landa Indonesia

Baca: Pasutri Spesialis Pencuri Motor Ditangkap Saat Beraksi di Masjid Muarojambi

Anggaran tersebut, kata Beny, terbagi dalam Rancangan Anggaran Belanja (RAB) yang dilaksanakan sesuai Permendagri nomor 58 tahun 2017 sebagai acuan pelaksanaan kerjasama dalam bentuk workshop, sosialisasi, seminar, diskusi, dan pergelaran seni budaya.

"Dari 20 Ormas, saat ini baru terlaksana kerjasamanya pada 5 Ormas termasuk kegiatan Jambi Sebrang Fotografer (JSF) kemarin. Sehingga kami berharap kedepan dapat meningkat kembali jumlah Ormas untuk dikerjasamakan. Jangan pula tiap tahun makin turun," tuturnya.

Terlebih pihaknya sangat mendukung kegiatan yang bersifat positif. "Kesbangpol sangat mendukung. Apalagi kegiatan dalam hal pengkaderan dan penyampaian informasi kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Beny mengatakan jumlah Ormas di Provinsi Jambi sendiri mencapai 1.058 Ormas. Namun sejauh ini, lanjutnya, yang baru diakomodir sekitar 79 Ormas. "Satu Ormas mendapat satu kali kesempatan bantuan. Karena masih banyak Ormas lain yang belum mendapatkan kesempatan," tandasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved