Info Terkini Kota Jambi

Ribuan Warga Shalat Ied di Lapangan Kantor Walikota Jambi

Gema takbir, tasbih, tahlil dan tahmid berkumandang mengagungkan asma Allah dilangit Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi. Minggu pagi

Ribuan Warga Shalat Ied di Lapangan Kantor Walikota Jambi
Humas Pemkot Jambi
Ribuan Warga Shalat Ied di Lapangan Kantor Wali Kota 

*Spektakuler, Pemkot Sembelih 163 Hewan Qurban

JAMBI - Gema takbir, tasbih, tahlil dan tahmid berkumandang mengagungkan asma Allah dilangit Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi. Minggu pagi (11/8), bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijjah 1440 hijriyah, umat muslim dari berbagai pelosok Kota Jambi menunaikan ibadah shalat Idul Adha bersama Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, Wakil Wali Kota Dr. dr. H. Maulana, MKM, beserta keluarga dan jajaran Pemerintah Pemkot Jambi di Lapangan Utama Balaikota.

Ribuan Warga Shalat Ied di Lapangan Kantor Wali Kota
Ribuan Warga Shalat Ied di Lapangan Kantor Wali Kota (Humas Pemkot Jambi)

Wali Kota Jambi yang hadir bersamaan dengan Wakil Wali Kota beserta keluarga, disambut hangat jamaah shalat Ied yang sedari pagi telah menyesaki Balaikota. Shalat hari raya yang dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban yang ke 4 kalinya dilaksanakan di Balaikota sejak kepemimpinan Wali Kota Syarif Fasha itu berlangsung khusyu’ dan khidmat.

Wali Kota Syarif Fasha dalam sambutannya yang diawali dengan mengumandang takbir, mengajak seluruh jamaah shalat Ied untuk banyak mengucapkan syukur atas nikmat yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT. Selain itu, dirinya juga menyampaikan pesan dan nilai universal ibadah haji dan qurban.

"Marilah kita senantiasa mengagungkan Allah SWT sembari selalu bersyukur atas nikmat yang telah di anugerahkanNya. Esensi dari ibadah haji dan qurban itu sendiri adalah wujud syukur dan kekuatan amal shaleh hambanya kepada sang khalik. Selain itu juga ibadah ini menanamkan sikap rela, berkorban, keikhlasan, dan kepatuhan, yang di contohkan Nabi Ibrahim AS dalam menjalankan perintah Allah, serta sikap integritas, loyalitas dan kerelaan yang ditunjukkan oleh putranya Nabi Ismail AS. Mari kita jadikan momentum Idul Adha ini untuk meningkatan kualitas akhlak dan keimanan kita, untuk berbuat kebaikan dan mencari kemulian Allah, tidak perlu dan jangan menunggu kita kaya dan berkecukupan. Mulailah dari hal yang kecil dan mulai dari sekarang," ujar Fasha.

Ribuan Warga Shalat Ied di Lapangan Kantor Wali Kota
Ribuan Warga Shalat Ied di Lapangan Kantor Wali Kota (Humas Pemkot Jambi)

Fasha juga mengajak masyarakat untuk menjadikan ritual ibadah qurban di zaman modern ini sebagai trend gaya hidup masyarakat urban. Trend gaya hidup tersebut menurut dirinya, bukan sebagai gaya hidup yang diartikan secara harfiah sebagai perilaku yang bertolak belakang dengan nilai spiritual ibadah itu sendiri, melainkan sebagai gaya hidup yang bernilai ibadah tinggi dan sarat akan makna kehidupan.

"Mari kita maknai ibadah qurban sebagai ibadah yang memiliki nilai ketauhidan yang sangat tinggi, untuk memperkuat keikhlasan dan pengorbanan atas segala sesuatu yang kita miliki, termasuk harta, pangkat, derajat, keluarga, bahkan diri sendiri, sebagai amanah dari Allah dan wujud ketakwaan kepada Allah SWT. Ini saat yang tepat untuk memupuk kembali rasa persaudaraan, solidaritas, dan kebersamaan, setelah sebelumnya kita terkotak akibat perbedaan. Semoga ibadah ini menjadikan kita kembali fitrah," sebut Wali Kota dua periode itu.

Wali Kota Fasha juga menjelaskan Ibadah qurban relevan dengan nilai-nilai perjuangan para pendahulu.

"Idul Adha di bulan Agustus ini juga kita rayakan dalam suasana peringatan ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan. Mari kita merenung dan mengingat apa yang telah diperjuangkan oleh pejuang dalam memerdekakan bangsa ini. Mereka tidak menuntut apapun, mereka hanya berpesan agar kita menjaga keutuhan NKRI," pesan Fasha.

Ia juga mengajak ribuan jamaah shalat Ied untuk mendoakan saudara sebangsa yang sedang menunaikan ibadah haji di Baitullah.

Ribuan Warga Shalat Ied di Lapangan Kantor Wali Kota
Ribuan Warga Shalat Ied di Lapangan Kantor Wali Kota (Humas Pemkot Jambi)
Halaman
1234
Editor: rida
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved