Bagaimana Nasib Setya Novanto Setelah Dipindahkan ke Lapas yang Dihuni oleh Napi Teroris? Berbeda

Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Liberty Sitinjak menjelaskan Lapas baru Setya Novanto dihuni warga binaan kasus terorisme, narkoba, korupsi kelas Kakap

Bagaimana Nasib Setya Novanto Setelah Dipindahkan ke Lapas yang Dihuni oleh Napi Teroris? Berbeda
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Mantan Ketua DPR Setya Novanto bersaksi pada sidang lanjutan kasus korupsi Pembangunan PLTU Riau 1 dengan terdakwa Mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (18/12/2018). 

Bagaimana Nasib Setya Novanto Setelah Dipindahkan ke Lapas yang Dihuni oleh Napi Teroris? Berbeda

TRIBUNJAMBI.COM - Kakanwil Kemenkum HAM Jabar Liberty Sitinjak menjelaskan Lapas Sukamiskin memiliki perbedaan sangat besar dengan Lapas Gunung Sindur, yang selama ini dihuni warga binaan kasus terorisme, narkoba, dan korupsi kelas kakap.

"Kondisinya sangat berbeda, Lapas Gunung Sindur maximum security," ujar Liberty di Lapas Sukamiskin, Jalan AH Nasution, Bandung Jumat (16/6) malam.

Terpidana korupsi KTP elektronik Setya Novanto alias Setnov dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur‎ malam ini, Jumat (14/6), menyusul beredarnya foto dia bersama istrinya berada di toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Baik di Lapas Sukamiskin maupun Gunung Sindur, sama-sama menerapkan satu kamar satu tahanan.‎

Baca: Setelah Kepergok di RM Padang dan Toko Bangunan, Setya Novanto Pindah ke Lapas yang Dihuni Teroris

Baca: Sandiaga Uno Beberkan 7 Poin Tuntutan Sidang Sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi

Kata Sitinjak, di Lapas Sukamiskin, setiap pagi, kamar sel dibuka. Setiap warga binaan bisa keluar masuk sel namun tetap berada di lingkungan Lapas Sukamiskin. Menjelang malam, pintu dibuka dan semua warga binaan harus kembali masuk kamar.

"‎Di Lapas Gunung Sindur belum tentu tiap pagi dibuka, harus lihat dulu kondisinya bagaimana tahanannya. Di Lapas Gunung Sindur super ketat. Kalau di Lapas Sukamiskin kan tiap pagi dibuka, warga binaan bisa bersosialisasi," ujarnya.

‎Sitinjak mengatakan Setnov meminta izin keluar lapas pada 12 Juni karena dokter Lapas Sukamiskin merekomendasikan untuk rawat inap. Itupun dikawal petugas lapas dan polisi. Setnov baru kembali ke Lapas Sukamiskin malam ini pukul 19.00.

"Tanggal 12 Juni saya sempat cek ke RS Santosa. Dia memang ada, kondisinya diinfus di lengan kanan. Dia baru kembali hari ini, lalu saya dapat laporan dia ke Padalarang. Setibanya di Lapas Sukamiskin langsung kami periksa, BAP. Kemudian langsung kami pindah ke Lapas Gunung Sindur," ujar Sitinjak.

Baca: Subdit V Cyber Crime Polda Jambi Gerak Cepat, Tindak Lanjut Laporan Postingan Dugaan SARA di Medsos

Baca: 2 Bocah Asal Banjarmasin Kirim SMS ke Ortu, Minta Tebusan Rp 100 Juta, Ancam Tewas 2 Hari

‎Ditanya soal kebenaran Setnov bersama istrinya plesiran ke toko bangunan, ia belum bisa memastikan. "Belum bisa dipastikan, sekarang tunggu pemeriksaan," ujar Sitinjak.

Pantauan Tribun, Setnov keluar dari sel sekitar pukul 22.30. Tidak banyak barang bawaan yang ia bawa, tampak seorang petugas hanya membawa satu tas jinjing dan langsung masuk ke mobil ambulans Lapas Sukamiskin. ‎(men)

Baca: Huni Lapas Sukamiskin, Beredar Foto Setya Novanto Plesiran di Toko, Langsung Pindah ke Lapas Teroris

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Nasib Setnov di Lapas Gunung Sindur, Berbeda dengan di Sukamiskin, Belum Tentu Tiap Pagi Sel Dibuka, https://jabar.tribunnews.com/2019/06/15/nasib-setnov-di-lapas-gunung-sindur-berbeda-dengan-di-sukamiskin-belum-tentu-tiap-pagi-sel-dibuka.

Editor: Yongky Yulius

Editor: Leonardus Yoga Wijanarko
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved