THR

Rp49,4 Milyar THR PNS di Lingkup Pemprov Jambi, Hari Ini Cair Ditambah Tunjangan Penghasilan Pegawai

Rp49,4 Milyar THR PNS di Lingkup Pemprov Jambi, Hari Ini Cair Ditambah Tunjangan Penghasilan Pegawai

Rp49,4 Milyar THR PNS di Lingkup Pemprov Jambi, Hari Ini Cair Ditambah Tunjangan Penghasilan Pegawai
Tribun Jambi
Ilustrasi

Rp49,4 Milyar THR PNS di Lingkup Pemprov Jambi, Hari Ini Cair Ditambah Tunjangan Penghasilan Pegawai

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kabar Gembira bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi.

Sebab, hari ini Jumat (24/5/2019) sudah mulai menerima Tunjangan Hari Raya (THR) lebaran 1440 H plus Tunjangan Pengahasilan Pegawai (TPP).

Kepala Badan Keuangan (Bakeuda) Provinsi Jambi Agus Pirngadi mengatakan, pencairan THR sudah mulai dicairkan melalui masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Baca: THR PNS Cair Hari Ini, Berikut Lokasi ATM Bank Jambi se Provinsi Jambi, Yuk Cek Disini!

Baca: Layanan Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Jambi Akan Dipindahkan Sementara di Komplek Mall Kapuk

Baca: Dituntut Jaksa 10 Tahun Penjara, Terdakwa Narkotika Ini Minta Keringanan, Ngaku Isteri Sedang Hamil

"Untuk THR Rp 49,4 M untuk dibayarkan kepada 11.398 PNS dilingkup Pemprov Jambi. Plus Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) sebesar bulan april sekitar Rp 32 Miliar," ungkapnya, Jum'at (24/5/2019).

Agus melanjutkan, pencairan THR PNS hari ini sudah mulai dicairkan, selain dengan THR 1440 H, PNS di lingkungan Pemprov Jambi juga di tambah dengan TPP yang besarannya sama dengan TPP di bulan April 2019 kemarin.

Baca: Kabupaten Kerinci Raih Opini WTP Yang Kelima Kalinya Secara Berturut

Baca: Hadapi Lebaran Idul Fitri, Perum Bulog Divre Jambi Siapkan 34 Ton Daging Beku

Baca: Manfaatkan Sekat Kanal, Marbot Masjid di Tanjab Timur Punya Penghasilan Puluhan Juta

Namun, kabar sebaliknya justru diterima para Tenaga kontrak dan honorer. Tenaga kontrak, atau honor dipastikan tidak akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) seperti tahun-tahun sebelumnya. Baik dari dana APBN maupun APBD, tidak ada dianggarkan untuk memberikan THR kepada non PNS. Tidak ada aturan yang membolehkan penganggaran untuk keperluan tersebut.

Kepala Bakeuda Provinsi Jambi Agus Pirngadi mengatakan, dasar pemberian THR merujuk pada Peraturan Pemerintah nomor 26 tahun 2019. Dalam PP 36 tersebut, tenaga honorer dan kontrak tidak termasuk ke dalam pihak yang bisa mendapatkan THR. 

“Sampai saat ini, belum ada aturan yang membolehkan penganggaran untuk honorer. Yang ada untuk ASN yaitu PNS dan Pegawawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” katanya.

Disebutkan bisakan Pemda setempat membuat peraturan berupa Peraturan Gubernur untuk menganggarkan APBD dalam rangka memberika THR untuk tenaga honorer, Agus mengatakan Pergub mengatur tentang Petunjuk Teknis (Juknis). Penerbitan Pergub tersebut, tidak boleh keluar dari aturan PP 36 tahun 2019 tersebut.

“Karena untuk proses penganggaran APBD, semua rambu-rambunya diatur oleh Undang-undang, PP, maupun Permendagri sebagai pedoman umumnya,” katanya.

Rp49,4 Milyar THR PNS di Lingkup Pemprov Jambi, Hari Ini Cair Ditambah Tunjangan Penghasilan Pegawai (Zulkifli/Tribun Jambi)

Penulis: Zulkifli
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved