VIDEO: Jelang 22 Mei, Prabowo Subianto Minta Pendukungnya Aksi Dengan Damai

Prabowo mengatakan, aksi atau kegiatan apapun yang akan dilakukan pendukungnya harus sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

VIDEO: Jelang 22 Mei, Prabowo Subianto Minta Pendukungnya Aksi Dengan Damai

TRIBUNJAMBI.COM - Menjelang aksi 22 Mei, Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subiano meminta agar aksi unjuk rasa para pendukungnya dalam menyikapi penetapan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dilakukan secara damai.

Prabowo mengatakan, aksi atau kegiatan apapun yang akan dilakukan pendukungnya harus sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

"Bahwa rakyat dapat berkumpul dan bahwa rakyat dapat berserikat dan rakyat dapat menyampaikan aspirasinya. Tentunya semua dalam ketentuan hukum yang berlaku," ujar Prabowo seperti dikutip dari video yang diterima Kompas.com, Selasa (21/5/2019).

"Karena itu Saudara-saudara sekalian, sahabat-sahabatku, apapun tindakan dan aksi dan kegiatan yang Saudara-saudara ingin lakukan besok, kalau Saudara-saudara sungguh-sungguh mau mendengarkan saya, saya terus mengimbau agar semua aksi, semua kegiatan berjalan dengan semangat perdamaian," kata Prabowo.

Prabowo menegaskan, langkah-langkah yang akan dilakukan pihaknya merupakan upaya yang konstitusional, demokratis, dan tanpa kekerasan dalam menyikapi hasil Pilpres 2019.

Baca: Jelang Aksi 22 Mei, Kepolisian Jambi Razia Pengendara di Perbatasan Kota Jambi

Baca: Aksi People Power di Muarojambi Batal, Polres Muarojambi Tetap Jaga Dua Tempat Penting Ini

Baca: VIDEO Jelang Pengumuman KPU Prabowo Subianto Datangi Polda Metro Jaya Jenguk Lieus dan Eggi Sudjana

Baca: Pemkab Kerinci Tetapkan Besaran Zakat Fitrah 2019, Harga Beras Tertinggi Rp 34 Ribu

Baca: Kepala Inspektorat Merangin Kaget Mengetahui Mobil Dinasnya Tak Bayar Pajak

Ketua Umum Partai Gerindra itu, mengatakan, dirinya memahami kegelisahan para pendukungnya atas kecurangan yang terjadi selama penyelenggaraan Pemilu 2019.

"Langkah kita adalah langkah konstitusional. Langkah demokratis tetapi damai. Tanpa kekerasan apapun," kata Prabowo.

Sebelumnya, KPU menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2019, Selasa (21/5/2019) dini hari.

Rekapitulasi meliputi 34 provinsi dan 130 wilayah luar negeri. Dari hasil rekapitulasi yang ditetapkan KPU, pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin menang atas paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jumlah perolehan suara Jokowi-Maruf mencapai 85.607.362 atau 55,50 persen suara, sedangkan perolehan suara Prabowo-Sandi sebanyak 68.650.239 atau 44,50 persen suara.

Selisih suara kedua pasangan mencapai 16.957.123 atau 11 persen suara.

Hasil rekapitulasi ini ditetapkan pada Selasa (21/5/2019) pukul 01.46 WIB melalui Keputusan KPU Nomor 987/PL.01.8-KPT/06/KPU/V/2019 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2019.

Baca: Jasad Dimas Ditemukan Tengah Malam, 300 Meter dari Lokasi Perahu Tenggelam di Sungai Batanghari

Baca: Tak Punya Uang untuk Bayar Kontrakan, Beni Nekat Maling Motor Karyawan Waronk Mabes di Jambi

Baca: Dua Hari Dicari Basarnas Jambi, Jasad Plt Lurah Teratai Akhirnya Ditemukan di Desa Tetangga

Baca: Puluhan Mahasiswa Jambi Demo DPRD Jambi, Buntut Kematian Ratusan Petugas Pemilu 2019

 

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul VIDEO: Prabowo Subianto Minta Pendukungnya Gelar Aksi 22 Mei Secara Damai, http://wartakota.tribunnews.com/2019/05/21/video-prabowo-subianto-minta-pendukungnya-gelar-aksi-22-mei-secara-damai.

Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved