IHSG

Pasca Pengumuman Kemenangan Jokowi-Makruf, Begini Arah Pasar Saham

Pasca pengumuman Pemenang Pilpres oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (21/5) dinihari yang memenangkan pasangan 01

Pasca Pengumuman Kemenangan Jokowi-Makruf, Begini Arah Pasar Saham
KONTAN/CHEPPY A. MUKHLIS
Ilustrasi: Empat saham berhasil masuk ke daftar indeks The Financial Times Stock Exchange (FTSE). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Pasca pengumuman Pemenang Pilpres oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (21/5) dinihari yang memenangkan pasangan 01 Joko Widodo-Maruf Amin, pasar langsung memberi respon positif.

IHSG hari ini menguat 0,75% ke 5.951,37. Analis pun menilai, hasil resmi pemilu ini bisa menjadi katalis positif bagi indeks saham dalam jangka pendek.

Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan, sebetulnya yang ditunggu pasar bukan hasil dari KPU, melainkan kepastian hukum bagi paslon terpilih.

"Sebetulnya pasar sudah mengetahui siapa yang menang, tapi lebih kepada kepastian hukumnya yang ditunggu-tunggu," kata Wawan kepada Kontan.co.id, Selasa (21/5).

Adapun KPU menilai, Jokowi-Ma'ruf unggul atas Prabowo-Sandiaga dalam Pilpres 2019 dengan perolehan suara 55,50% dari total suara sah sebanyak 154.257.601 suara

Wawan juga menyampaikan, berkaca pada Pemilu 2014 pasar akan mulai memperlihatkan kenaikan pada Oktober nanti saat pelantikan sebagai presiden. "Baru setelah itu,  tinggal menunggu kabinet yang dipilih sama Jokowi," tambah

Pun juga peluang kenaikan masih ada ketika Polri dan TNI bisa bekerja sama menciptakan situasi kondusif.

"Dengan begitu indeks setidaknya bisa menguat ke 6.000 sebelum lebaran," katanya.

Meski begitu, sentimen eksternal juga masih masih sangat kuat, khususnya soal petang dagang. Jadi menurut Wawan, untuk menjangkau IHSG ke level 6.400 ini harus menunggu kepastian dari eksternal.

Belum lagi, pertumbuhan ekonomi di kuartal I yang turun dan neraca dagang yang defisit, masih menjadi sentimen negatif. "Tapi secara keseluruhan, momen pemilu  ini bisa menjadi sentimen positif bagi IHSG dalam jangka pendek," tutur dia.

Halaman
12
Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved