Breaking News:

Pemilu 2019

5 Warga Bogor Nyoblos di TPS 03 Desa Ranggo Sarolangun Jambi, Bawaslu Rekomendasi Hal Ini

Permasalahan pemungutan suara pada akhir pleno rekapitulasi tingkat kecamatan, di Kabupaten Sarolangun kembali permunculan

Penulis: Wahyu Herliyanto | Editor: bandot
TRIBUNJAMBI/WAHYU HERLIYANTO
Mudrika Anggota Bawaslu Sarolangun 

5 Warga Bogor Nyoblos di TPS 03 Desa Ranggo Sarolangun Jambi, Rekomendasi Bawaslu Pemungutan Suara Ulang

TRIBUNJAMBI.COM. SAROLANGUN - Permasalahan pemungutan suara pada akhir pleno rekapitulasi tingkat kecamatan, di Kabupaten Sarolangun kembali permunculan pada sabtu (27/4/2019)

Kali ini terkait permasalahan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03 Desa Ranggo, Kecamatan Limun.

Melalui Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran (HPP) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sarolangun, Mudrika menjelaskan bahwa permasalahan di TPS tersebut sudah ditindaklanjuti.

Dijelaskannya, dari data panwaslu kecamatan Limun bahwa hasil dari verifikasi terhadap permasalahan ini memang ada lima orang warga di luar domisili Sarolangun yaitu warga Bogor, Jawa Barat yang tinggal di desa setempat menggunakan hak pilih di TPS tersebut.

Katanya, dimana kelima warga itu nekat menggunakan hak suaranya karena tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih tambahan (DPTb) , ataupun Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Ditambah lagi mereka tidak ada surat ataupun Formulir pindah memilih atau Formulir A5 dari KPU.

"Sehingga kesimpulan dari verifikasi oleh pihak panwascam bahwa terbukti adanya pelanggaran. Bahwa Adanya warga yang tidak berhak memilih tetapi menggunakan hak pilihnya," kata Mudrika dengan jelas

Lanjut Mudrika, terkait dengan ini, pihak Bawaslu juga sudah menginstruksikan ke pihak panwaslu kecamatan limun untuk menyampaikan verifikasi itu untuk rekomendasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 3 Desa Ranggo, kepada pihak PPK untuk diteruskan kepada KPU sarolangun.

Dilanjutkannya, sesuai dengan peraturan batas waktu pelaksanaan PSU tanggal 27 april 2019 (Sabtu, red). Terkait rekomendasi Bawaslu, baik Panwaslu kecamatan harus dilaksanakan oleh KPU sarolangun

"Bagaimanapun caranya," jelasnya

Kalau hari sabtu (27/4) tidak dilaksanakan PSU tentu KPU harus menjelaskan kenapa?

Sementara Ketua KPU sarolangun M.Fakhri melalui komisioner Rupi udin mengatakan bahwa mengenai surat dari PPK kecamatan limun terkait dengan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Desa Ranggo kecamatan limun memang sudah ditindak lanjuti dengan melakukan rapat pleno hari ini, minggu (28/4)

"Kami masih pleno, nanti hasilnya disampaikan," katanya jelas.

Baca: Ditinggal Anggota Shalat, Ketua KPPS 4 Teluk Kecimbung Coblos Surat Suara Bersama Saksi & Panwascam

Baca: Nama-nama Calon Menteri Jokowi Beredar, Ada Erick Thohir dan Yusril, Adakah Susi Pudjiastuti?

Baca: Tarian, Warga Air Betung Kerinci Jambi Tenggelam Sejak Tiga Hari Lalu, Tim Masih Melakukan Pencarian

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved