BLK Tanjab Timur Keluarkan 32 Sertifikat Bertaraf Nasional Gratis, Catat Ini Syaratnya

Peserta pelatihan kerja Disnakertrans Tanjab Timur akan mendapatkan sertifikat khusus bertaraf nasional.

BLK Tanjab Timur Keluarkan 32 Sertifikat Bertaraf Nasional Gratis, Catat Ini Syaratnya
Tribunjambi/Abdul Usman
Peserta pelatihan tengah mengikuti pelatihan dasar atau pelatuhan materi di UPTD BLK di Desa Kota Baru Kecamatan Gragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Peserta pelatihan kerja Disnakertrans Tanjab Timur akan mendapatkan sertifikat khusus bertaraf nasional. Namun untuk mendapatkan sertifikat spesial tersebut peserta harus lulus uji kompetensi.

Meski setiap peserta yang telah mengikuti pelatihan di BLK akan mendapatkan sertifikat keterampilan, namun pemerintah memberikan kemudahan bagi peserta terbaik untuk mendapatkan sertifikat bertaraf nasional.

“Bedanya sertifikat tersebut dari sertifikat biasanya, yaitu pada daya taktisnya yang dapat digunakan tidak hanya di Tanjab Timur atau Provinsi Jambi saja. Melainkan dapat dipakai di Seluruh Indonesia,” ujar Sekretaris Nakertrans Junaidi kepada Tribunjambi.com.

Karena banyak yang sudah mengikuti pelatihan dan memiliki bekal, namun mereka untuk mengembangkan potensi terkendala peluang dan dana. Sehingga harapannya dengan sertifikat khus tadi mereka dapat bersaing di luar daerah yang memiliki potensi atau peluang kerja.

Baca: BLK Tanjab Timur Buka Pelatihan Teknisi Listrik dan Mekanik Gratis, Dapat Sertifikat & Uang Saku

Baca: 243 Peserta CPNS di Batanghari Terima SK CPNS, Ini Besaran Gaji yang Akan Mereka Terima

Baca: PAD Kota Sungai Penuh Rp 44 Miliar, Wali Kota Minta Masyarakat Sadar Bayar Pajak

Baca: Kenaikan Tarif PDAM Tirta Mayang, Warga Kota Jambi Ajukan Uji Materiil ke Mahkamah Agung

Untuk mendapatkan sertifikat tersebut tentunya tidak mudah, memang mereka yang terbaik yang dapat memilikinya. Pasalnya Setiap peserta harus mengikuti tahap ujian tambahan atau ujian kompetensi terlebih dahulu.

“Selain itu dari kabupaten sudah ada mengirim satu orang untuk pelatihan ke luar negeri ke Jepang. Itu pada tahun lalu namun untuk jurusan apa saya lupa,” tuturnya.

Dikatakannya untuk tahun ini yang mengikuti pelatihan di UPTD BLK Tanjab Timur ada 2 paket untuk kelistrikan dan mekanik, per paketnya diisi 16 orang.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved