Petani Bawang yang Curhat Dengan Sandiaga Ternyata Mantan Anggota KPU, Begini Ceritanya

Sosok pria mengaku sebagai petani bawang di Brebes dan curhat kepada cawapres 02 Sandiaga Uno jadi sorotan, siapa sebenarnya pria tersebut?

Petani Bawang yang Curhat Dengan Sandiaga Ternyata Mantan Anggota KPU, Begini Ceritanya
TribunJambi/Andika Arnoldy
Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Sandiaga Salahudin Uno menemui para petani karet Desa Ness Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi pada Jumat (25/1/2019) siang. 

TRIBUNJAMBI.COM - Sosok pria mengaku sebagai petani bawang di Brebes dan curhat kepada cawapres 02 Sandiaga Uno jadi sorotan. Setelah beberapa hari terakhir, menjadi perbincangan, akhirnya sosok pria tersebut terkuak ke media.

 Komisi Pemilihan Umum ( KPU) angkat bicara soal sosok petani bawang yang berdialog dengan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno, dan disebut-sebut sebagai anggota KPU Brebes.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, pria itu bernama M Subhan. Subhan pernah menjadi anggota KPU Kabupaten Brebes, tetapi saat ini sudah tidak lagi menjabat.

Baca: Bioskop Trans TV - Sinopsis Film John Wick, Saat Keanu Reeves Balas Dendam Pembunuh Anjingnya

Baca: Nama Anak Raisa Dan Hamish Daud Unik Terdiri Dari 17 Huruf, Netizen : Keponakan Online Ku

Baca: Hanya Ada Empat di Dunia, Cawan Chenghua Laku Lelang Rp 50 Miliar: Diincar Kolektor

"Setelah kami lakukan konfirmasi kepada KPU Jawa Tengah, Beliau adalah mantan anggota KPU periode lalu. Jadi bukan anggota KPU periode ini," kata Ilham di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat,Dilansir dari Kompas.com, Selasa (12/2/019).

Ilham mengatakan, anggota KPU dilarang melakukan kampanye politik. Aturan itu disebutkan secara jelas dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, bahwa anggota KPU harus netral.

Pada awal masa jabatan, anggota KPU juga telah disumpah untuk tak memihak pada kubu tertentu.

"Kalau anggota KPU jadi petani sih boleh. Tapi jangan berkampanye, jangan berpolitik, dan tidak boleh partisan juga," ujar Ilham. Jika seorang anggota KPU terbukti tidak netral, maka yang bersangkutan dapat mencemarkan nama baik institusi.

M Subhan yang disebut-sebut sebagai anggota KPU Brebes menjadi sorotan di media sosial setelah cawapres Sandiaga Uno mengunggah videonya saat bersama Subhan.

Baca: Ani Yudhoyono Sakit, Annisa Pohan Pernah Beberkan Gimana 13 Tahun Ia Diperlakukan oleh Ibu Mertua

Baca: Hobi Bikin Puisi, Ini 4 Puisi Fadli Zon yang Tuai Kontroversi, Doa yang Tertukar hingga Sontoloyo

Baca: JK Sarankan Ahok tak Masuk Timses Jokowi, Begini Pengaruh Ahok Pada Elektabilitas Jokowi-Maruf Amin

Sandiaga bertemu Subhan ketika menyambangi petani bawang merah di Desa Krasak, Brebes, Senin (11/2/2019). Kepada Sandiaga, Subhan bercerita soal jatuhnya harga bawang. Subhan mengaku terpaksa berutang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

"Saya petani, harga bawang kemarin juga jatuh, Pak. Saya sampai sekarang terus terang demi Allah, saya ngutang di Bank Puspa Kencana sampai sekarang tidak bisa bayar. Rp 15 juta, boreknya (jaminannya) adalah rumah bapak-ibu saya," kata Subhan dalam video yang diposting akun Twitter @sandiuno, Senin (11/2/2019).

Subhan juga mengatakan, bahwa ia dan petani lainnya menanam bawang, tetapi yang tumbuh adalah utang. Ketika harga bawang rendah, banyak rekan kerjanya yang menduda karena istri mereka memilih menjadi TKW.

Menanggapi keluhan Subhan, Sandiaga mengaku prihatin. Ia menyebutkan, pemerintah seharusnya hadir.

Baca: Ani Yudhoyono Terbaring Sakit di Singapura, SBY Tunjukkan Kesetiaan, Cucu Berikan Kado Spesial

Baca: Tayang di Bioskop - Sinopsis & Trailer Film Happy Death Day 2U, Kembalinya Pembunuh Psikopat

Baca: Diduga Mabuk, Seorang Pemuda Perkosa Nenek yang Sedang Sakit

Sandiaga juga berjanji, jika ia dan Prabowo Subianto menang dalam Pemilu 2019, maka mereka akan memastikan kesejahteraan petani. "Ini yang kami sangat prihatin. Pemerintah harus hadir.

Di bawah Prabowo-Sandi, lima tahun ke depan kita akan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya, menstabilkan harga-harga dan memastikan kesejahteraan petani," kata Sandiaga dalam video tersebut.

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved