IMLEK 2019 - Ikan Bandeng Ternyata Menyimpan Sejuta Manfaat. Sajian Wajib Saat Imlek

Kandungan Gizi Ikan Bandeng Sebanding dengan Kelejatannya. Ikan Bandeng Merupakan Sajian Imlek yang Istimewa

(shutterstock)
Ikan Bandeng 

TRIBUNJAMBI.COM -Sajian ikan bandeng seakan menjadi menu wajib dalam perayaan imlek. Etnis Tionghoa percaya jika ikan bandeng  sebagai simbol rezeki dan keberuntungan.

Umumnya ikan ini dikonsumsi utuh dengan kepala hingga ekor untuk menggambarkan awal yang baik dan akhir yang baik untuk tahun yang telah berlalu. Alasan lainnya adalah karena unsur nama. Ikan dalam Bahasa Cina adalah "yu" yang jika dibaca sama dengan istilah "surplus" dalam Bahasa Cina.

Jadi, mengatakan "nian nian you yu" (setiap tahun memiliki ikan) sama dengan mengatakan "setiap tahun selalu berlebih". Namun di luar itu, tahukah kamu manfaat ikan bandeng untuk kesehatan? Selain daging dan ayam, ikan juga mengandung sejumlah protein yang sudah tidak perlu diragukan.

Dalam 100 gram ikan bandeng terkandung 20 gram protein, jugaterdapat lemak sebanyak 4,8 gram, serta energi sekitar 123 kalori. Menariknya lagi, segudang nutrisi lainnya pun turut melengkapi kandungan ikan bandeng, seperti:
Kalsium: 20 miligram (mg)
Fosfor: 150 mg
Zat besi: 2 mg Natrium: 67 mg
Kalium: 271,1 mg
Vitamin A: 45
mikrogram (mcg)
Vitamin B1: 0,05 mg
Vitamin B2: 0,2 mg

Baca: Imlek 2019 - Selama Imlek tak Boleh Keramas dan Menyapu. 6 Pantangan Harus Dihindari Saat Imle

Baca: Selamat! Ini 7 Fakta BTS Masuk Nominasi 61St Grammy Awards 2019, Grup K-Pop Pertama Lho

Baca: Ustaz Abdul Somad Bereaksi Keras Soal Pernyataan Menkominfo Soal Yang Gaji Kamu Siapa?

Bagi penggemar ikan bandeng presto, silahkan berbangga hati karena kandungan ikan yang telah diolah ini pun tak kalah bergizi. Dengan memakan 100 gr ikan bandeng presto, kita akan memperoleh: \Energi: 296 kalori
Protein: 17,1 gram
Lemak: 20,3 gram
Karbohidrat: 11, 3 gram
Kalsium: 1.422 mg
Fosfor: 659 mg
Zat besi: 1,9 mg

Sama halnya seperti nutrisi pada ikan bandeng mentah, makan ikan bandeng presto juga menyumbang sejumlah vitamin A, vitamin B1, bahkan vitamin C.

Kebanyakan ikan bandeng biasanya diolah dengan cara presto, yang membuat penikmatnya bisa memakan seluruh bagian tubuh ikan. Tak terkecuali tulang yang turut menjadi empuk sehingga bisa dimakan bersama daging ikan.

Ini berkat proses pemasakan ikan bandeng melalui presto, yang memungkinkan seluruh bagian badan ikan bisa ikut termakan kecuali perut dan insang yang sudah dibuang sebelumnya.

Baca: VIDEO: Prabowo Subianto Akhirnya Beri Jawaban Menohok Perihal Pakai Jasa Konsultan Rusia

Baca: Pengakuan Blak-blakan Avriellya Shaqila Terkait Prostitusi Online Artis Hingga Dihargai Rp 25 Juta

Baca: Hati-hati! Sindikat Pencuri Toko Emas Antar-provinsi Beraksi di Sumatera, 16 Orang Ada Ceweknya

Tulang di dalam ikan bandeng kaya akan kalsium yang baik untuk menunjang fungsi tulang dan gigi. Itu sebabnya, ketika ikut maka akan menyumbang sejumlah kalsium bagi tubuh.

Manfaat ikan bandeng lainnya dilihat dari kandungan gizi, seperti vitamin A, B, dan C, yakni penting untuk menjaga fungsi penglihatan dan kekebalan tubuh.

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved