Pasukan Argentina Tunggang Langgang Tinggalkan Pos, Begitu Mendegar Tentara Bayaran ini Mendarat

TRIBUNJAMBI.COM, KATHMANDU - Beberapa senjata tajam mendapatkan ketenaran karena memiliki peran

Pasukan Argentina Tunggang Langgang Tinggalkan Pos, Begitu Mendegar Tentara Bayaran ini Mendarat
national geographic
pasukan Gurkha 

TRIBUNJAMBI.COM, KATHMANDU - Beberapa senjata tajam mendapatkan ketenaran karena memiliki peran dalam sejarah dunia. Seperti pedang para samurai, scimitar dari Timur tengah, pedang Romawi, atau pisau Bowie. Senjata-senjata tertentu juga dikenal karena keberanian pemakainya dalam berbagai medan tempur.

Nah bicara soal ini, kita tentu tak bisa mengesampingkan khukuri, senjata khas dari Nepal yang dipakai tentara Gurkha dalam banyak peperangan. Khukuri atau kukri bukan sekadar senjata tradisional, namun juga menjadi simbol serdadu Gurkha. Ketajaman khukuri ini pertama kali dirasakan oleh tentara Inggris saat mereka menyerbu Nepal sebelah barat yang dilindungi tentara Gurkha.

Di tangan suku-suku pegunungan itu, khukuri menjadi senjata menakutkan. Dari situlah cerita dan legenda berlanjut. Singkat cerita, keganasan Gorkhali alias tentara Gurkha dan ketajaman khukuri membuat tentara Inggris kagum dan justru menjadikan mereka tentara bayaran untuk kerajaan Inggris sampai hari ini.

Kehadiran Gurkha dan khukuri kemudian menjadi momok bagi musuh. Konon tentara Argentina yang berperang melawan Inggris di Malvinas lari tunggang langgang meninggalkan posnya setelah beredar kabar prajurit Gurkha mendarat di pulau yang oleh Inggris disebut Falkland itu.

Teriakan Aayo Gorkhali.. yang berarti "Gurkha ada di sini" biasanya mengawali pertempuran. Dan mereka tidak akan menyerah walau harus menebus dengan nyawa. Setiap prajurit memegang teguh semboyan "Kaphar hunnu bhanda marnu ramro", lebih baik mati daripada menjadi pengecut. Khukuri souvenir yang dijual di Nepal Khukuri souvenir yang dijual di Nepal (Armagan_A).

Banyaknya cerita soal Gurkha dan senjata khasnya itu membuat khukuri menjadi salah satu barang yang dicari saat orang mengunjungi Nepal. Termasuk saya tentunya. Saat mendapat undangan dari the Body Shop untuk mengikuti acara di Kathmandu, hal yang segera terpikir adalah khukuri. Selain juga Pegunungan Himalaya yang tersohor itu. (Kompas.com/Wisnubrata)

Penulis : Wisnubrata
Editor : Sri Anindiati Nursastri

Editor: ridwan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved