Tes Urine

Hasil Tes Urine Tahun Lalu, 3 Siswa di Kota Jambi Positif Konsumsi Narkoba. Masih Tahap Coba-coba

Setelah mengikuti Upacara Sumpah Pemuda di Kantor Wali Kota Jambi, Senin (29/10), lebih 192 siswa SMP langsung mengikuti tes urine

Hasil Tes Urine Tahun Lalu, 3 Siswa di Kota Jambi Positif Konsumsi Narkoba. Masih Tahap Coba-coba
TRIBUN JAMBI/ROHMAYANA

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Setelah mengikuti Upacara Sumpah Pemuda di Kantor Wali Kota Jambi, Senin (29/10), lebih 192 siswa SMP langsung mengikuti tes urine yang dilaksanakan Kesbangpol Kota Jambi di Kantor Satpol PP Kota Jambi.

Dikatakan Kepala Kesbangpol Kota Jambi Liphan Pasaribu, kegiatan ini sudah dilakukan sebanyak dua kali. Menurutnya kegiatan ini merujuk dengan Perda  Nomor 2 tahun 2017 pencegahan pemakaian narkoba.

Dalam Perda tersebut setiap organisasi wajib untuk melakukan pencegahan pemakaian narkotika. Baik terhadap anak-anak di sekolah, mahasiswa, dan para pekerja.

Baca: Usai Upacara Sumpah Pemuda, 192 Siswa SMP di Kota Jambi Langsung Dites Urine

"Ini kita lakukan agar anak-anak memahami bahaya pemakaian narkoba, sekaligus untuk mencegah agar mereka tidak berani untuk memakai narkotika," kata Liphan.

Dirinya berharap agar siswa-siswa ini tidak ada yang terindikasi narkoba. Seandainya ada yang positif maka akan dikoordinasikan dengan sekolah dan orang tuanya.

"Misalnya ada yang positif kita lihat situasi dan kondisinya. Apakah anak tersebut memakai narkoba baru coba-coba sehigga harus direhabilitas, atau pengaruh obat yang dikonsumsi," jelasnya.

Disebutkannya, tahun lalu tiga siswa yang terindikasi narkoba. Tiga siswa tersebut saat ini masih sekolah dan terus menjalani masa rehabilitas. "Tiga siswa ini masih dalam tahap mencoba-coba," katanya.

Bahkan pihaknya juga sudah bekerjasama dengan pihak Satpol PP kota Jambi. Misalnya ada siswa yang tertangkap bolos sekolah dan main games di warnet. Maka pihaknya langsung bekerjasama dengan BNN kota Jambi untuk melakukan tes urine.

Baca: KPU Masih Rekap DPT Batanghari

Baca: Coffe Morning dengan Awak Media, Tanjab Barat Harus Jadi Contoh Daerah yang Damai

"Karena anak-anak yang sering bolos ini memang harus diberikan pendidikan tentang bahaya narkoba, dan kita cegah dengan cara melakukan tes urine," ujarnya.

Penulis: Rohmayana
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved