Ekonomi Jambi Tumbuh 4,70 Persen, Ini Sektor Pendorong Utama

Perekonomian Provinsi Jambi tumbuh 4,70% (yoy) pada triwulan II-2018, meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya 4,62% (yoy)

Ekonomi Jambi Tumbuh 4,70 Persen, Ini Sektor Pendorong Utama
TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Perekonomian Provinsi Jambi tumbuh 4,70% (yoy) pada triwulan II-2018, meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya 4,62% (yoy) dan lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan Triwulan II-2017 sebesar 4,32% (yoy).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Bayu Martanto mengatakan meningkatnya pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi di triwulan II-2018 sejalan dengan kenaikan permintaan komoditas energi primer yang merupakan komoditas unggulan daerah.

Baca: Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Tanjabtim Jalin Kerjasama dengan Tanoto Foundation

“Menguatnya permintaan di tengah keterbatasan pasokan menjadi sentimen positif yang mendorong kinerja sektor pertambangan dan penggalian,” jelasnya saat press release buku kajian ekonomi dan keuangan regional Provinsi Jambi, di ruangan Kajanglako BI Jambi, Rabu (5/9).

Menurut BI, Perayaan hari besar keagamaan dengan periode libur yang lebih panjang dari tahun sebelumnya serta berlangsungnya penyelenggaraan Pilkada serentak di 3 (tiga) Kabupaten/Kota telah berkontribusi positif terhadap pertumbuhan sektor perdagangan besar, eceran. Serta reparasi mobil dan sepeda motor serta sektor informasi dan komunikasi.

Selain itu, kata Bayu meningkatnya permintaan selama periode puasa dan lebaran didukung oleh sentimen perbaikan harga CPO internasional (akibat meningkatnya permintaan dari negara Timur Tengah) sehingga mampu mendorong perbaikan kinerja sektor pertanian, kehutanan dan perikanan.

“Peningkatan tersebut berdampak pada membaiknya kinerja sektor industri pengolahan di Provinsi Jambi yang didominasi oleh industri makanan berbasis kelapa sawit serta industri karet, barang dari karet dan plastik,” terang Bayu.

Baca: Masih Langgar Jam Beroperasi, Dishub Sarolangun Tindak Tegas Truk Batu Bara

Baca: Cegah Gratifikasi, ULP Undang KPK saat Rakornis

Dari sisi pengeluaran, ekspor dan konsumsi rumah tangga masih menjadi pendorong utama ekonomi Provinsi Jambi pada Triwulan II-2018.

Bayu menyampaikan pertumbuhan ekspor terutama disumbangkan oleh komoditas pertambangan sejalan dengan perkembangan positif komoditas minyak dan batu bara. Sedangkan konsumsi swasta digerakkan oleh kuatnya volume belanja selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H.

Sedangkan konsumsi pemerintah menunjukkan pergerakan ekspansif pada kuartal kedua 2018 setelah mengalami kontraksi di triwulan sebelumnya. Perkembangan tersebut sejalan dengan mulainya pengerjaan proyek fisik pemerintah pascapenyelesaian proses lelang yang juga tercermin pada pertumbuhan sektor konstruksi.

“Perbaikan kinerja konsumsi pemerintah sejalan dengan data realisasi belanja pemerintah daerah yang menunjukkan peningkatan dibandingkan triwulan sebelumnya. Realisasi pendapatan pemerintah Provinsi Jambi hingga Triwulan II-2018 mencapai 50,05% dari APBD 2018. Sementara, realisasi belanja hingga kuartal kedua 2018 tercatat 27,33% dari APBD 2018,“ jelasnya.

Baca: Dewan Tanjabtim Minta Bupati Evaluasi Direktur BUMD

Baca: Ini Penyebab 7 Penambang Terjebak di Lubang PETI di Renah Pembarap Merangin

Baca: Korban Selamat dari Lubang PETI di Renah Pembarap Belum Dimintai Keterangan

Peningkatan aktivitas ekonomi juga tercermin pada kenaikan laju inflasi Provinsi Jambi menjadi 4,23% (yoy) pada Triwulan II-2018, yang disebabkan oleh menguatnya konsumsi masyarakat.

Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved