Hanya Tiga Partai yang Layangkan Gugatan Sampai Akhir

Bawaslu Provinsi Jambi menerima tiga partai yang memasukan gugatan sengketa proses pemilu. Kesemua dokumen gugatan masih belum

Hanya Tiga Partai yang Layangkan Gugatan Sampai Akhir
TRIBUN JAMBI/HENDRI DUNAN
20062018_Bawaslu Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bawaslu Provinsi Jambi menerima tiga partai yang memasukan gugatan sengketa proses pemilu. Kesemua dokumen gugatan masih belum lengkap. 

Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi, Apnizal mengakui bahwa sampai akhir sekitar pukul 16.00 wib hanya tiga partai yang mengajukan gugatan sengketa proses pemilu. Ketiga partai itu antara lain, PBB, PAN dan PKB.

"Sampai akhir hari ini hanya ada tiga partai yang mengajukan gugatan sengketa proses pemilu," ungkap Apnizal, Rabu (15/8).

Baca: GALERI FOTO: Mahasiswa Agroteknologi Faperta Unja Terima Bantuan dari Kemenristek Dikti

Dokumen gugatan sengketa proses pemilu yang diajukan pihak partai tersebut diakui Aprizal semuanya masih belum lengkap. Maka Bawaslu memberikan waktu lebih kurang tiga hari kerja untuk melengkapi dokumen-dokumen dan persyaratan lainnya yang kurang.

Sebab, bila belum lengkap, maka laporan bisa tidak diregister dan tidak dilanjutkan ke proses berikutnya

"Semua dokumen dan persyaratan gugatan sengketa proses pemilu belum lengkap. Kita kasih waktu tiga hari kerja. Bila sudah dipenuhi baru kita register," kata Aprizal.

Setelah diregister nantinya, pihak Bawaslu akan memberikan ruang mediasi kepada penggugat dan tergugat yakni KPU. Ada dua hari bagi kedua belah pihak untuk dimediasi oleh Bawaslu. Bila tidak ada kata mufakat baru ditingkatkan ke sidang ajudikasi.

Pantauan Tribun di Kantor Bawaslu, laporan gugatan sengketa proses pemilu diterima oleh Agus Kurnia dari tim asensi Bawaslu Provinsi. Dan ketika itu dirinya juga memberikan penjelasan kepada pihak partai yang ingin mengajukan gugatan. Terutama mengenai dokumen dan bukti yang. Harus dipenuhi oleh pihak partai dan ditandatangani.

Baca: VIDEO: Ikatan Bujang Gadis Kota Jambi Adakan Lomba 17 Agustusan di Panti Asuhan

Baca: DPW PAN Rahasiakan Strategi Gugatan

Untuk laporan gugatan sendiri harus ditandatangani oleh ketua partai dan sekretaris. Bila menggunakan kuasa hukum, maka harus melampirkan surat kuasa khusus.

Penulis: dunan
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved