Pileg 2019

Tiga Parpol di Tanjab Barat Tak Ikut Pileg 2019

Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, tiga partai politik tidak mendaftar dan dipastikan tidak ikut Pileg

tribunjambi/darwin sijabat
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tanjab Barat hingga Selasa (17/7/2018) siang ini sebut baru dua partai yang mendaftar. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Darwin Sijabat

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, tiga partai politik tidak mendaftar dan dipastikan tidak ikut pemilihan legislatif tahun 2019 mendatang.

Berdasarkan data dari Komisi pemilihan umum daerah Tanjab Barat terdapat16 partai politik Peserta Pemilu 2019. Dari 16 Partai tersebut hanya 13 Parpol yang mendaftarkan Bacalegnya di KPU Tanjab Barat.

Ketua KPUD Tanjab Barat, Hairudin
Ketua KPUD Tanjab Barat, Hairudin (tribunjambi/darwin sijabat)

Dan ada 3 parpol yang tidak mendaftar batas waktu yang ditentukan. Dipastikan 3 partai tersebut tidak mengikuti pemilihan legislatif tahun 2019.

Sebelumnya KPU Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah membuka pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) yang ingin bertarung dalam Pileg 2019. Pendaftaran bacaleg sendiri sudah dibuka sejak tanggal 4 Juli 2018 lalu dan ditutup pada 17 Juli 2018.

Ketua KPU Kabupaten Tanjab Barat Hairuddin dalam keterangannya mengatakan pembukaan pendaftaran tersebut sesuai dengan instruksi KPU pusat.

"Pembukaan pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) yang ingin bertarung dalam Pileg 2019 dibuka
dibuka sejak tanggal 4 Juli 2018 lalu dan ditutup pada 17 Juli jam 23.59 WIB," katanya, Senin (18/7).

Dilanjutkannya, tercatat sampai batas waktu yang ditetntukan, dari 16 Parpol Peserta Pemilu 2019 hanya 13 Parpol yang mendaftarkan Bacalegnya di KPU Tanjab Barat. Dan 3 parpol yang tidak mendaftarkan bacalegnya di anggap gugur.

Adapun 3 parpol yang ditidak mendaftarkan bacalegnya yakni PKPI, PSI dan partai garuda.

Lanjut Hairuddin untuk alokasi Kursi DPRD Kabupaten Tanjab Barat pada Pemilu tahun 2019 seluruhnya sebanyak 35 Kursi dan itu dibagi dalam lima Dapil. Dapil I meliputi Kecamatan Tungkal Ilir, Kecamatan Bram Itam dan Kecamatan Seberang Kota sebanyak 11 kursi. Dapil II meliputi kecamatan Betara, kecamatan Kuala Betara sebanyak lima kursi.

Sedangkan Dapil III, Kecamatan Merlung, Kecamatan Muara Papalik dan Kecamatan Renah Mendaluh sebanyak empat kursi. Untuk Dapil IV meliputi Kecamatan Tungkal Ulu, Kecamatan Batang Asam, dan Kecamatan Tebing Tinggi dengan alokasi sebanyak sembilan kursi.

Sedangkan untuk Dapil V yaitu Kecamatan Pengabuan dan Kecamatan Senyerang, sebanyak enam kursi.

Tags
Pileg 2019
Penulis: Darwin
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved