Gunung Merapi Meletus Lagi Malam Tadi, Tinggi Kolom Letusan 2.500 Meter

"... Karena malam ini kembali meletus, mereka kita evakuasi lagi ke bawah ke tempat pengungsian," jelas dia.

Gunung Merapi Meletus Lagi Malam Tadi, Tinggi Kolom Letusan 2.500 Meter
Hujan abu tebal di kawasan Selo, Kabupaten Boyolali, Jumat (1/6) sore. Malam harinya, Gunung Merapi kembali meletus freatik. (facebooker) 

TRIBUNJAMBI.COM, BOYOLALI - Gunung Merapi kembali meletus freatik, Jumat (1/6/2018) sekitar pukul 20.45 WIB.

Letusan dengan tinggi kolom 2.500 meter mengarah ke timur laut selama 1,5 jam.

Akibat letusan itu, warga Dukuh Stabelan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, dievakuasi ke tempat penampungan pengungsian sementara (TPPS) di Desa Tlogolele.

Ada sekira 500 warga yang saat ini mengungsi di tempat pengungsian tersebut.

"Ya, malam ini kembali meletus. Kita sedang naik untuk mengevakuasi warga turun ke TPPS," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Bambang Sinung ketika dikonfirmasi, Jumat.

Warga tersebut sudah mengungsi di TPPS Desa Tlogolele sejak letusan freatik Gunung Merapi Jumat pagi.

Bahkan, sebagian warga ada yang sudah kembali ke rumah masing-masing.

"Ada yang sudah kembali ke rumahnya masing-masing. Karena malam ini kembali meletus, mereka kita evakuasi lagi ke bawah ke tempat pengungsian," jelas dia.

Guna memenuhi kebutuhan mereka, BPBD Boyolali telah mengirimkan logistik, khususnya untuk berbuka puasa maupun makan sahur di pengungsian.

Baca: Mengungkap Cara Membangun Candi Borobudur, Ternyata Dalamnya Bukan Batu, Ini Isinya

"Warga sebenarnya sudah pintar. Begitu melihat aktivitas Gunung Merapi mereka langsung turun ke pengungsian. Setelah aman mereka kembali lagi ke rumahnya masing-masing," tandasnya. (Kontributor Solo, Labib Zamani)

BERSTATUS WASPADA. Siswa sekolah dasar berangkat sekolah di Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (22/5/2018). Setelah terjadinya letusan freatik dan terdeteksi terjadinya gempa vulkanik dan gempa tremor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) meningkatkan status Gunung Merapi dari level I (Normal) menjadi level II, waspada dan direkomendasikan radius tiga kilometer dari puncak agar dikosongkan dari aktivitas penduduk. TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI
BERSTATUS WASPADA. Siswa sekolah dasar berangkat sekolah di Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (22/5/2018). Setelah terjadinya letusan freatik dan terdeteksi terjadinya gempa vulkanik dan gempa tremor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) meningkatkan status Gunung Merapi dari level I (Normal) menjadi level II, waspada dan direkomendasikan radius tiga kilometer dari puncak agar dikosongkan dari aktivitas penduduk. TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI (TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI GHOZALI)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jumat Malam Merapi Kembali Meletus, 500-an Warga Stabelan Mengungsi "

Baca: VIDEO: Zinedine Zidane Mundur, Ini 5 Nama Kandidat Penggantinya

Baca: VIDEO: Tanda-Tanda Alam Pada Malam Lailatul Qadar, Lebih Mulia dari 1.000 Bulan

Baca: Hanya LeBron James dan Michael Jordan yang Bisa Pecahkan Rekor Ini, NBA Finals 2018

Editor: duanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved