Tol Trans Sumatera Akan Dibuka Saat Arus Mudik-Balik Lebaran, Ini Jalurnya

... panjang ruas Tol Trans Sumatera yang akan dibuka fungsional mencapai 119 kilometer.

Tol Trans Sumatera Akan Dibuka Saat Arus Mudik-Balik Lebaran, Ini Jalurnya
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) meninjau Jalan Tol Trans Sumatera ruas gerbang tol Kualanamu saat diresmikan di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (13/10/2017). Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Trans Sumatera ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,72 km dan Medan-Binjai sepanjang 10,6 km yang telah siap dioperasikan.(ANTARA FOTO/SEPTIANDA PERDANA) 

TRIBUNJAMBI.COM - Sejumlah ruas Tol Trans Sumatera yang kini tengah digarap akan dibuka secara fungsional saat mudik dan balik Lebaran 2018. Satu ruas di antaranya saat ini tengah menjalani proses uji laik fungsi.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang dikutip Kompas.com, Rabu (9/5/2018), panjang ruas Tol Trans Sumatera yang akan dibuka fungsional mencapai 119 kilometer.

Ruas itu meliputi Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 1 SS Bakauheni-SS Sidomulyo sepanjang 30,5 kilometer, dan Paket 2 SS Sidomulyo-SS Lematang sepanjang 35,6 kilometer.

Kemudian, Paket 3 Branti-Metro sepanjang 12,5 kilometer dan Paket 4 Gunung Sugih-Terbanggi Besar sepanjang 9,84 kilometer.

Dua ruas lainnya di jalan tol ini sebelumnya telah diresmikan Presiden Joko Widodo awal tahun ini yaitu Paket 1 Pelabuhan Bakauheni-SS Bakauheni sepanjang 8,9 kilometer dan Paket 2 SS Lematang-SS Kotabaru.

Baca: Dor, Sniper TNI AD Singkirkan 17 Negara, Juara Lomba Tembak 1 Peluru 2 Sasaran

Baca: Astaga, Gonjang-ganjing Perceraian Dengan Lina, Sule Malah Unggah Video Ini di Instagram

Baca: Tak Kunjung Diambil Keluarga, Jenazah Napi Teroris Mako Brimob Dibekukan di Freezer

Dua seksi lain dari Jalan Tol Palembang-Indralaya direncanakan juga dibuka fungsional, yaitu Seksi 2 Pamulutan-KTM sepanjang 4,9 kilometer dan Seksi 3 KTM-Indralaya sepanjang 9,28 kilometer.

Adapun Seksi 1 Palembang-Pamulutan sepanjang 7,75 kilometer sebelumnya telah beroperasi menyusul diresmikannya pada Oktober 2017 lalu.

Ruas terakhir yang akan dibuka fungsional yaitu Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, terutama Segmen On Off Ramp Sementara Terbanggi Besar-Terusan Nyunyai sepanjang 22 kilometer.

Sementara itu, ruas tol yang kini tengah menjalani proses uji laik fungsi yaitu Seksi 1 Tol Medan Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) mulai dari SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan sepanjang 10,75 kilometer.

Bila nantinya seksi tersebut dioperasikan, maka akan melengkapi lima seksi sebelumnya yang telah beroperasi yakni Seksi 2-6 Kualanamu-Sei Rampah sepanjang 46 kilometer.

Di samping kelima seksi tersebut, ada pula Tol Medan-Binjai sepanjang 10,46 kilometer yang telah beroperasi. Tol ini diresmikan Presiden pada 13 Oktober 2017. (Dani Prabowo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sekarang, Mudik ke Sumatera Bisa Lewat Tol"

Baca: Cewek Ini Tak Kapok Masuk Jeruji Besi, Kelakuannya Menakutkan

Baca: Terungkap, Pria Berselimut Oranye Ini Ternyata Yang Jadi Pemicu Keributan di Mako Brimob

Baca: Briptu Rachel Sempat Sita Perhatian Saat Kejadian Mako Brimob, Sosok Sangar Tapi Cantik

Editor: duanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved