Hari Pendidikan Nasional 2018 - Ini yang Diunggah di Laman Kemendikbud untuk Peringati Hardiknas

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Hari Pendidikan Nasional 2018 - Ini yang Diunggah di Laman Kemendikbud untuk Peringati Hardiknas
Tribun Jambi
Ilustrasi siswa 

TRIBUNJAMBI.COM - Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mudhajir Effendy menyampaikan pidatonya terkait tema ini.

Pidatonya diunggah dalam laman resmi Kemendikbud: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/04/pidato-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan-dalam-peringatan-hari-pendidikan-nasional-2018.

Baca: Hari Pendidikan Nasional 2018 - Kumpulan Meme Hardiknas yang Tersebar di Media Sosial

Didalamnya dia berharap Hari Pendidikan tahun 2018 ini dijadikan momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

"Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan. Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan," tulisnya dalam pidato tersebut.

Ia menambahkan pendidikan juga harus menyiapkan tenaga technocraft, tenaga terampil dan kreatif, yang memiliki daya adaptasi tinggi terhadap perubahan dunia kerja yang kian cepat dan memiliki kemampuan berpresisi tinggi untuk mengisi teknostruktur sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun demikian, pihaknya juga mengakui bahwa belum semua wilayah tersentuh pembangunan insfrastruktur yang bisa menjadi sabuk pendidikan dan kebudayaan dalam ikatan keindonesiaan.

"Oleh karena itu, pada tahun-tahun mendatang pemerintah akan memberikan prioritas pembangunan infrastruktur pada daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) agar wilayah-wilayah tersebut terintegrasi dan terkoneksi ke dalam layanan pendidikan dan kebudayaan," imbuhnya.

Baca: Baru, Instagram Segera Punya Fitur Video Chat, Punya Keistimewaan

Halaman
12
Penulis: suci
Editor: suci
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved